-->

Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi Akan Hadir di BSD City

Groundbreaking GIPTI

Padahal rumah di Kabupaten Tangerang, tapi seringnya melancong ke event yang berada di Jakarta.  Sampai teman-teman sempat berkata "Wuih, sekarang jadi anak Jakarta nih. Mainannya Jakarta terus~". Padahal ya emang seringnya mendapat kesempatan untuk hadir di event yang ada di Jakarta, maklum beginilah jadi Mardhiyah sejauh apa pun tetap dilakoni asal menghasilkan. Menghasilkan di sini bukan hanya sekedar materi, tapi juga pengetahuan. Capek sih, ya tapi kaya ada seni nya gitu.

Berbeda dari biasanya, kali ini alhamdulillah saya berkesempatan untuk hadir di acara yang berada di Tangerang yaitu PUSPIPTEK Bersama dengan Sinar Mas Land, Selenggarakan Groundbreaking GIPTI atau peletakan batu pertama GIPTI bersama teman-teman Blogger #SatuBSD. Tepatnya kemarin Kamis tertanggal 4 Oktober 2018 di BSD yang lokasi tepatnya di dekat ICE BSD. Apa itu GIPTI? Tetap lanjutkan membaca artikel kali ini ya biar tahu :)
Groundbreaking GIPTI
Blogger #SatuBSD. Foto : Ono
Selama ini pandangan saya akan BSD City merupakan kawasan elit dengan penghijauan yang lebih dominan. Terasa sejuk bila melintasi kawasan BSD City, itulah perasaan saya mengenai wilayah yang sering saya lewati saat bolak-balik traveling ke curug yang ada di Bogor. Dengan insfrastruktur yang sangat rapih dan hijau. Yess, dibalik kerapihannya ada Sinar Mas Land selaku pengembang kota mandiri BSD City yang berupaya untuk membangun BSD City sebagai kota yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city. Selain dilengkapi oleh gedung konvensi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia Convention Exhibition (ICE), beberapa sekolah hingga perguruan tinggi, BSD City juga sering menjadi tuan rumah dalam acara teknologi seperti IESE, Fintecth, Start Hub Connect, dan Autodesk.  

Pasalnya, saat ini BSD City sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang ke depannya akan menjadi 'Silicon Valley' di Indonesia. Sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub, Sinar Mas Land yang merupakan pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 Tahun menghadirkan GIPTI untuk memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset.

Apa sih GIPTI itu?


GIPTI adalah singkatan dari Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi yang berlokasi di Kabupaten Tangerang tepatnya di area BSD City yang didukung dengan kemudahan akses transportasi. Akan menempati lahan PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi seluas kurang lebih 15 H.

GIPTI akan menjadi showcase kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di PUSPIPTEK-kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK.

Groundbreaking GIPTI


Acara hari Kamis kemarin, dimulai pada pukul 09:00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan dengan pembacaan doa agar acara Groundbreaking GIPTI dapat berlangsung dengan lancar dan berkah. Untuk menambah suasana kedaerahan Tangerang, acara dilanjutkan dengan menampilkan tarian pembuka Rampak Bedug Banten yang khas Tangerang banget.
Groundbreaking GIPTI
Foto : Dok. Pribadi
Setelah Tarian Rampak Bedug Banten, acara pun dibuka oleh MC dengan menyampaikan kata sambutan kepada para tamu yang telah datang. Dan mempersilahkan Dr. Ir. Sri Setiawati, M.A, selaku Kepala Puspiptek Serpong untuk menyampaikan pidatonya.

Menurut Dr. Ir. Sri Setiawati, M.A, selaku Kepala Puspiptek Serpong "Saat ini, GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City sebagai smart integrated digital city yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain". Seperti kita ketahui pada bangsa-bangsa yang maju pasti terdapat IPTEK yang maju pula. Salah satu indikator bangsa yang maju adalah mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi. Pendapatan yang tinggi adalah sebagai dari imbas kerja yang profesional dan efisien didukung oleh teknologi yang canggih.

GIPTI hadir sebagai showcase kemajuan iptek dan inovasi serta teknologi terapan terkini, terdapat 5 zona seperti Zona Penerima, Zona Display dan Zona Pengembangan Kewirausahaan, Zona Penelitian, dan Zona Kawasan Ruang Terbuka Hijau. Tidak hanya itu, GIPTI juga akan dilengkapi dengan Gateaway Park, Techno Park dan Lake Park. Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK. Industri lintas sektor ini juga telah menandatangani kesepakatan kerjasama pembangunan GIPTI yang disaksikan langsung oleh Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia pada Januari 2018 lalu.

Selanjutnya, Bapak Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land menjelaskan dalam siaran persnya 4 Oktober 2018 kemarin "Kami sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) di BSD City. Berharap kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city, di mana saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi 'Silicon Valley' di Indonesia. Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan".

Setelah mendengarkan penjelasan dari Bapak Christopher Siswanto Adisaputro selaku CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, sesi selanjutnya yaitu penandatangan MoU antara Puspiptek, Sinar Mas Land, dan juga tiga tenant yang sepakat bekerjasama yaitu Purwadhika, Walden Global Service dan Rumah Kreatif Jogja. seperti gambar di bawah ini.
Groundbreaking GIPTI
Foto bersama setelah sesi penandatanganan MoU. Foto : Ono

Groundbreaking GIPTI
Sesi Penandatanganan MoU. Foto : Ono
Menurut Bapak Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi "GIPTI merupakan proyek kolaborasi PUSPIPTEK dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis. Saat ini, kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan IPTEK, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri".

Selanjutnya adalah acara inti yaitu prosesi Groundbreaking atau peletakan batu pertama GIPTI 2018 yang diawali oleh Bapak Muhammad Nasir selaku Menteri RISTEKDIKTI. Dan setelah itu dilanjutkan dengan sesi Press Conference.
Groundbreaking GIPTI
Foto bersama sebelum prosesi Groundbreaking GIPTI 2018. Foto : Ono

Groundbreaking GIPTI
Prosesi Groundbreaking GIPTI 2018. Foto : Ono
Groundbreaking GIPTI
Press Conference Groundbreaking GIPTI 4 Oktober 2018. Foto : Harris Maulana
Sebagai pemudi Kabupaten Tangerang yang sedang bergelut di dunia digital bersama dengan team tangerangdigital.id  saya antusias banget dengan akan adanya Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi ini. Ditambah setelah mendengar bahwa GIPTI akan dibuat dengan view yang instagramable, yakin deh bakalan jadi tempat wisata edukasi yang asyik.

See you GIPTI~

4 Responses to "Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi Akan Hadir di BSD City"

  1. Wah yang datang blogger hits semua. Semakin keren aja ya sekarang BSD city.

    ReplyDelete
  2. Wah asik nih mba, bener juga bisa jadi wisata edukasi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel