Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink - Bersyukurlah, maka nikmatmu akan bertambah. Alhamdulillah, sebagai orang Tangerang, akhirnya saya kesampaian juga naik Kereta Api Bandara Railink.
Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Beberapa tahun lalu tepatnya sekitar tahun 2012 sampai 2014, sebelum adanya Kereta Api Bandara, saya sering ke Bandara Soekarno - Hatta untuk melamar kerja atau mengikuti test kerja di Bandara Soetta. Untuk sampai di Bandara Soetta selain naik motor bersama teman, biasanya saya naik angkutan kota dari depan gang rumah (Kutabumi) dan dilanjutkan naik transportasi umum yang berbentuk mobil elf dari pintu air menuju gerbang Bandara Soetta, lalu dari gerbang Bandara Soetta dilanjutkan dengan naik shuttle menuju ke terminal.

Kalau tidak naik motor, naik transportasi umum pada tahun 2012an seperti itu cukup ribet, ya tapi namanya juga perjuangan menjemput rezeki ya, mesti dilakukan dengan hati yang lapang. Tapi, gak kebayang kalau mesti naik transportasi umum seperti ini saat hendak terbang untuk pulang kampung atau berlibur.

Kini selain ada yang praktis dengan naik transportasi online, juga tersedia pilihan transportasi umum lainnya untuk memudahkan kita menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Adalah kereta Api Bandara Soekarno Hatta yang dioperasikan oleh anak perusahaan PT. KAI (Kereta Api indonesia), yakni PT. Railink yang telah hadir sejak 26 Desember 2017. Fix, setelah 2 tahunan kehadiran Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta saya baru bisa merasakan sensasinya kemarin! Maklum lah ya, belum terbang-terbang soalnya. Hehe~

IRPS (Indonesian Railway Preservation Society) Menggelar Acara Discuss on the Train


Beruntungnya saya, pada Sabtu 2 November 2019 kemarin mendapat kesempatan untuk menghadiri acara "Discuss On The Train" yang diadakan oleh Komunitas perkeretaapian, yakni IRPS (Indonesian Railway Preservation Society) yang merupakan Komunitas pecinta kereta api yang memusatkan perhatian dan kegiatannya pada penyelamatan dan pelestarian aset perkeretaapian Indonesia yang bernilai sejarah.

Pada acara "Discuss on the Train" ini IRPS berkolaborasi dengan komunitas TDB (Tau Dari Blogger), Fotografer, dan juga Youtuber. Dan menariknya, acara ini berupa touring pulang pergi dari Stasiun BNI City sampai Stasiun Bandara Soekarno Hatta naik Kereta Api Bandara Soekarno Hatta Railink! Begitu tahu bahwa Ka Sobari selaku koordinator dari TDB mengajak saya untuk ikut acara ini, saya sangat antusias! Bagaimana tidak, kapan lagi bisa nyobain naik Kereta Api Bandara Soekarno Hatta secara gratis sekaligus menambah wawasan bersama teman-teman berbagai profesi.

Mengawali Keberangkatan untuk Naik Kereta Api Bandara Soekarno Hatta dengan Naik Angkutan Kota dan KRL Commuter Line


Seperti biasa, saya mengawali perjalanan menuju Stasiun BNI City menggunakan transportasi umum. Dimulai dari naik angkot 03 yang lewat depan gang rumah di Kutabumi, lalu dilanjutkan naik KRL Commuter Line dari Stasiun Tangerang menuju Stasiun Sudirman.
Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Sebagai orang yang masih awam dengan Kereta Api Bandara Soekarno Hatta, saya kira dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun BNI City mesti jalan kaki ke luar stasiun dan melewati trotoar. Ternyata tidak! Dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun BNI City sudah terhubung, sehingga kita cukup berjalan melewati lorong mengikuti petunjuk yang telah ada. WOW, nikmatnya menjadi pengguna transportasi umum di Indonesia pada masa kini.

Suasana Stasiun BNI City


Stasiun KA Bandara BNI City awalnya bernama Stasiun Sudirman Baru. Terletak di area Jl. Jenderal Sudirman, sehingga mudah diakses dari area bisnis Ibu Kota. Luas area dari Stasiun KA Bandara BNI City ini adalah 21.748,63 M2. Memiliki tenant-tenant yang lengkap seperti restoran, kafe, bank dan supermarket.   

Setelah sampai di Stasiun BNI City pun, pada lift nya ada informasi mengenai setiap lantainya. Jadi, kita yang baru pertama kali ke Stasiun BNI City cukup terbantu dengan adanya informasi yang telah diberikan.

Dan begitu memasuki lantai 1 dari Stasiun BNI City, menurut saya bagus tatanannya. Ya iya dong Mar, namanya juga Stasiun Kereta Api Bandara! Suasananya bisa teman-teman lihat pada gambar berikut ya.
Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

By the way, acara dimulai dengan registrasi terlebih dahulu yang dimulai dari pukul 08:30 sampai 10:15 di Stasiun BNI City tempat titik kumpul kami. Nah setelah tepat pukul 10:15 WIB, kami pun dipersilahkan untuk bergegas naik KA Bandara menuju Stasiun Soekarno Hatta.

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink
Bersama Ka Fauziah, Saat menunggu KA Bandara Railink datang [Foto : Andrie Usi]
Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya KA Bandara Railink pun datang, dan fix ini merupakan kali pertama saya naik Kereta Api Bandara Railink! Setelah sebelumnya hanya bisa melihat saja saat menunggu KRL Commuter Line.

Sensasi Saat Naik Kereta Api Bandara Soekarno Hatta 


Pertama kali masuk KA Bandara Railink, rasanya seperti transportasi umum eksekutif gitu. Terasa elit dan sangat nyaman! Fasilitas yang diberikan pun terbilang lengkap untuk beberapa menit perjalanan. Seperti salah satunya adalah tersedia colokan USB pada bagian tengah antara kursi untuk mencharge barang elektronik seperti ponsel, powerbank, atau bahkan laptop. Gokil, kekinian banget!

Hadirnya Prama dan Prami yang sigap melayani penumpang dengan keramahannya, membuat perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 60 menit dengan kecepatan 60km/jam terhitung dari Stasiun BNI City menuju Stasiun Soekarno Hatta menjadi sangat aman dan nyaman.

Duduk pada kursi KA Bandara ini sangat nyaman sehingga dengan kecepatan 60km/jam tak terasa dari dalam KA Bandara ini. Pemandangan pun bisa kita nikmati dari jendela. Jika kita ingin tidur selama perjalanan, bisa dengan menutup jendela agar tidak terlihat dari luar atau pun dalam.

Biasalah ya, namanya juga kali pertama ngerasain naik KA Bandara, jadi wajar saja kalau saya 'agak' norak. Jepret sana sini, selain untuk bahan dokumentasi untuk Blog, ya untuk kenang-kenangan juga dong. Enaknya jadi Blogger tuh salah satunya ini nih, semuanya bisa menjadi dokumentasi yang bercerita!
Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

KA Bandara ini bisa banget menjadi pilihan transportasi menuju Bandara Soekarno Hatta yang efisien dari segi waktu maupun biaya. Aman dan nyaman! Juga mengingat, bisa mengurangi kemacetan Ibu Kota yang membuat kepala menjadi mumet.

Naik KA Bandara Soekarno Hatta perjalanan menjadi lebih menyenangkan, bisa banget lho sambil mengerjakan tugas selama perjalanan. Gak percaya? Simak ya video berikut sampai habis.


Sampai di Stasiun Bandara Soekarno Hatta 


Perjalanan selama kurang lebih 60 menit tak terasa. Tiba-tiba sudah sampai di Bandara Soekarno Hatta saja. Daaaan lagi-lagi saya norak! Ini keren banget dong stasiun Soekarno Hatta-nya, bisa dilihat pada gambar berikut ya.

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink
Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink
Foto dulu gpp lah yaa~ [Difotoin sama Ka Fauziah, Filter Effect by @daengfahril]

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Tak ketinggalan, selagi sedang di Bandara Soekarno Hatta, kami pun mencoba untuk naik KA layang (SkyTrain). FYI, Skytrain bisa kita manfaatkan untuk transportasi dari terminal Bandara Soekarno Hatta satu ke terminal lainnya yang diinginkan. Semacam transportasi umum yang menghubungkan dari terminal satu ke terminal lainnya. Dan ini gratis cuy!

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Di Skytrain ini kita bisa bertemu dengan berbagai penumpang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Jadi, kalau kamu tipe orang yang senang ngobrol dengan orang baru, tepat sekali nih bisa berbagi wawasan dengan penumpang lainnya.
Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink

Jujur saja, pada kesempatan ini juga merupakan kali pertama saya naik skytrain. Sudah lama tak ke Bandara lagi, jadi wajar lah yaaa~

Yang saya nikmati saat naik skytrain adalah bisa melihat-lihat pemandangan sekitar Bandara Soekarno Hatta. Tapi sayangnya gak sama kamu~ #Apasih. 

Beneran seru banget touring kali ini, karena saya bisa menambah teman dan saling bertukar pikiran. Juga soal perkeretaapian yang kini semakin menunjukkan performa terbaiknya. Saya sangat menikmati touring sambil bincang-bincang berfaedah seperti acara yang saya ikuti kali ini!

Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink
TDBers sedang diskusi, Ka Sobari mencoba mengambil foto [Foto : A Made S]
Untuk informasi lebih lengkap mengenai Kereta Api Bandara Soekarno Hatta Railink bisa diakses pada website https://www.railink.co.id

Jadi bagaimana, sudah siap kan untuk mencoba salah satu pilihan dari transportasi umum, yang satu ini?!

7 Responses to "Kali Pertama Naik Kereta Api Bandara Railink #TDBTouringBersamaRailink"

  1. Sepertinya seru banget ya Mbak, jadi ingin nyobain juga nih hehe.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak informasinya Mak, pasti akan sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  3. Fasilitas yang diberikan nyaman sekali ya Mbak, perjalanan jadi semakin menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. Wah seru banget ya Mbak, ada fasilitas KA nya juga lagi di bandara hehe.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingin nyobain naik sky train juga nih Mbak hehe, sepertinya seru sekali.

    ReplyDelete
  6. masyarakata semakin dipermudah ya dengan ada fasilitas kereta api menuju bandara. Apalagi aksesnya sangat mudah bisa dituju melalui KRL atau MRT. semuanya terhubung dan dekat udah gitu nyaman lagi.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel