Jangan Minder Kalau Kamu Kidal, Tokoh-Tokoh Berikut Juga Kidal Lho

Mar tadi dicariin tuh sama Boss, katanya "Si kidal ke mana?". - Ucap seorang rekan kerja kepada saya. Seperti itulah saya, beberapa kali pindah tempat kerja, tak menghilangkan julukan "Si kidal" pada benak saya. Di tempat kerja biasanya saya dipanggil "Si Kidal", julukan ini ada karena memang rekan kerja bahkan atasan saya tahu bahwa saya kidal (kekuatan tangan ada di sebelah kiri).

Jangan Minder Kalau Kamu Kidal, Tokoh-Tokoh Berikut Juga Kidal Lho
Awalnya risih sih ya dipanggil dengan kata "Si Kidal", tapi memang begitu adanya mau diapakan lagi kan ya. Dahulu semasa di bangku SD, saya bingung dengan kondisi tangan saya, kenapa saya lebih dominan menggunakan tangan kiri. Tidak seperti teman-teman lain yang dengan lincah menggunakan tangan kanan. Apalagi dulu, pengguna tangan kiri kerap kali mengalami ya semacam direndahkan gitu.

Kidal Faktor Genetik dan Lingkungan


Bisa dibilang saya kidal karena faktor genetik dan lingkungan. Nenek dari ibu saya kidal, ibu saya juga kidal. Di keluarga saya pun dominan kidal, abang dan adik saya juga kidal. Namun, untuk makan, minum, bersalaman, atau pun memberi sesuatu ke orang lain, kami bisa memakai tangan kanan. Selebihnya memakai tangan kiri, pokoknya yang berat-berat bisanya pakai tangan kiri.

Dan ternyata setelah saya baca-baca, memang seorang anak bisa kidal karena faktor genetik dan lingkungannya. "Perkembangan tangan kidal sudah terjadi semenjak dalam kandungan. Faktor genetik dan paparan lingkungan selama kehamilan sama-sama berperan menjadikan seseorang bertangan kiri." -  Menurut Carolien de Kovel, penulis utama studi dan peneliti di Max Plank Institute for Psycholinguistics.

Istilah Penggunaan Tangan yang Melekat

Ada istilah bahwa tangan kanan adalah tangan baik dan tangan kiri adalah tangan buruk. Mungkin istilah itu yang mendasari pandangan orang-orang terhadap orang kidal 'agak' gimana gitu. Dan guru-guru semasa sekolah menyuruh anak muridnya untuk menulis dengan tangan kanan. Daaan berhasil dong membuat saya bisa menulis dengan tangan kanan. Tapi memang dasarnya kidal kali ya, untuk masak, nyetrika, menggunting, membuka tutup botol, menyikat gigi, dan main badminton pun tangan kiri saya yang lebih kuat!

Si Kidal Mesti Berpikir Matang untuk Mengerjakan Sesuatu yang Biasanya Dikerjakan Oleh Orang Bertangan Kanan

Saat bekerja di pabrik sparepart motor pun saya menggunakan tangan kiri untuk merakit. Dan saya mesti memutar otak bagaimana caranya agar saya bisa merakit memakai tangan kiri, karena SOP yang diberikan memakai tangan kanan. Untungnya alhamdulillah saya bisa melakukan pekerjaan merakit dengan benar dan memakan waktu yang sama dengan mereka yang bertangan kanan. Dan fix, saya dikenal karena kidal! 

Ternyata setelah saya googling, hanya 10 persen dari seluruh populasi di dunia adalah orang kidal dan lebih banyak yang berjenis kelamin pria. Berarti kidal termasuk kaum minoritas ya. Uniknya, beberapa tokoh di dunia ternyata orang kidal cuy. Penasaran siapa saja? Kuy lanjutkan membaca artikel ini ya.

Tokoh Dunia yang Bertangan Kidal


1. Albert Einstein


Siapa yang tak kenal ilmuwan Albert Einstein, sudah pasti pada mengenalnya bukan? Albert Einstein merupakan fisikawan teoretis kelahiran Jerman yang mengembangkan teori relativitas, satu dari dua pilar utama fisika modern (bersama mekanika kuantum). Karya-karyanya juga dikenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu.

Ternyata ilmuwan yang paling berpengaruh dalam ilmu fisika ini merupakan orang yang kidal lho gaes. Jadi, untuk kamu yang kidal terus belajar dan berkarya ya, karena kita tidak tahu karya mana yang akan mengantarkan kita kepada kebaikan atau kebermanfaatan.

2. Bill Gates


William Henry Gates III yang lebih dikenal dengan Bill Gates selama bertahun-tahun menjadi urutan pertama dalam daftar orang paling kaya di dunia. Bill Gates merupakan bos dan pendiri dari Microsoft sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Sangat luar biasa bukan?

Sudah tahukah temans, kalau Bill Gates ternyata merupakan orang yang kidal juga? Bisa banget nih menjadi motivasi kita yang kidal untuk berpikir secara kreatif dan kritis.

3. Valentino Rossi

Jangan Minder Kalau Kamu Kidal, Tokoh-Tokoh Berikut Juga Kidal Lho
Sumber Foto : Ridertua.com
Seperti yang kita ketahui bahwa Valentino Rossi merupakan seorang pembalap dunia yang handal. Dan ternyata Valentino Rossi adalah satu-satunya rider bertangan kidal. Dan faktanya adalah banyak hasil karya Valentino Rossi yang berhubungan dengan seni dari helm sampai detail livery pun bernilai seni tinggi. Sungguh kreatif ya!

Dari Valentino Rossi kita para kidal bisa belajar untuk lebih melatih kreatifitas dan mengembangkan kemampuan diri.

Jangan Minder Kalau Kamu Kidal


Menjadi kidal memang mesti siap dengan berbagai stigma negatif dan kemampuan untuk memutar otak dalam mengerjakan segala sesuatunya. Mulai detik ini, yakini hati untuk tidak minder dengan anugerah yang telah Tuhan berikan kepada kita ya gaes. Karena bagaimana pun, kidal juga merupakan anugerah yang perlu disyukuri. Karena kita bisa menggunakan kedua tangan dan dianugerahi dengan berbagai kelebihan.

Jadikan tokoh-tokoh dunia yang juga bertangan kidal sebagai motivasi kita untuk tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat.

Menjadi orang kidal merupakan sebuah anugerah terindah bukan?!

6 Responses to "Jangan Minder Kalau Kamu Kidal, Tokoh-Tokoh Berikut Juga Kidal Lho"

  1. Terimakasih banyak Mbak, sudah membagikan informasi serta motivasi yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  2. Semangat terus dalam berkarya Mbak, semoga selalu sehat dan semakin sukses kedepannya.

    ReplyDelete
  3. Jangan sampai pantang menyerah Mbak, semua pasti memiliki manfaat dan sisi positif masing-masing.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget ya Mbak keunggulan dari seseorang yang kidal ternyata, semangat terus Mbak.

    ReplyDelete
  5. Kita memang tidak boleh meremehkan seseorang ya Mbak, karena setiap orang memiliki kekurang dan kelebihan masing-masing.

    ReplyDelete
  6. Semangat terus Mbak, saya juga sering dengar kalau orang kidal itu justru memiliki kecerdasan yang lebih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel