Tarif Listrik Akan Naik, 8 Cara Mudah Hemat Listrik Rumah Tangga Ini Bisa Dijadikan Solusi

cara mudah hemat listrik rumah tangga

Diketahui tarif listrik akan mengalami kenaikan pada tahun depan, sehingga kita sebagai pengguna listrik di rumah disarankan untuk lebih bijak dalam menggunakan peralatan elektronik. Nah, cara mudah hemat listrik rumah tangga, bisa kita lakukan dengan menggunakan 8 alat elektronik hemat energi.

Untuk menghemat pengeluaran pembayaran listrik tiap bulan, kita bisa menghemat air dan juga mengehemat listrik yang kita gunakan di rumah. Namun, kita juga harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli peralatan elektronik yang hemat energi. Sehingga, kita bisa menghemat pengeluaran setiap bulan.

Dari pada bertanya-tanya, langsung saja kuy simak 8 peralatan elektronik rumah tangga yang bisa menghemat energi dan juga pengeluaran bulanan :

1. Lampu hemat energi


Lampu hemat energi memang tidak murah, namun lampu ini mampu menekan tagihan listrik kita menjadi lebih rendah. Kita bisa mengganti semua lampu pijar kita dengan lampu LED.

Selain itu, lampu LED juga lebih tahan lama ketimbang lampu pijar. Terlebih, lampu pijar tidak memberikan penerangan yang maksimal dan membuat suhu menjadi panas, sedangkan lampu LED mempu memberikan penerangan yang baik. 

2. Kulkas

Dalam rumah tangga, lemari pendingin atau kulkas memang menjadi salah satu barang yang penting. Nah, untuk bisa sekaligus menghemat energi listrik, maka pilihlan kulkas yang hemat energi yang sesuai dengan ukuran atau kapasitas yang dibutuhkan.

3. Mesin cuci


Untuk alat rumah tangga yang satu ini juga sangat disarankan untuk lebih bijak dalam menggunakannya. Karena, mesin cuci bisa menyedot sekaligus dua sumber energi yakni listrik dan air. Maka dari itu, kita bisa pilih mesin cuci dua tabung, dan yang memiliki ukuran watt yang rendah.

4. AC


AC di daerah yang panas memang sangat dibutuhkan. Namun, kita juga harus bijak dalam menggunakan alat elektronik yang satu ini. Kita bisa membeli AC yang hemat energi atau yang memiliki programmable thermostat (pengatur suhu ruangan) yang bisa menyesuaikan tingkat kedinginan dengan kapasitas penghuni di ruangan.

5. Electricity Usage Monitor


Alat ini biasa digunakan bagi kita yang berlangganan listrik pasca bayar, sehingga kita bisa menghindari tagihan listrik yang membludak akibat pemakaian yang tak terkontrol.

6. Water Filtration System


Zaman sekarang, banyak para penghuni rumah tangga yang menggunakan water filtration system ketimbang membeli air galon atau memasak air keran. Karena, dengan penyaring air higienis ini bisa digunakan langsung dari air keran dan bisa langsung di konsumsi tanpa di masak terlebih dahulu.

7. Coffee Maker

Nah, kalau ini jika kita adalah pecinta kopi. Karena, daripada kita membeli kopi di kedai kopi atau kafe yang harganya mungkin akan lebih mahal, lebih baik kita membuat kopi sendiri di rumah menggunakan coffee maker.  Sehingga, pengeluaran kita bisa berkurang dan bisa lebih hemat.

8. Smart TV


Teknologi yang maju membuat gaya hidup manusia juga berubah. Sehingga, banyak dari mereka sudah sangat melek teknologi terutama internet. Bahkan semua kegiatan apapun kini bisa dilakukan lewat internet, seperti menonton film.

Namun, menonton film di bioskop atau dengan cara berlangganan dengan TV kabel akan membuat pengeluaran kita lebih besar. Untuk itu, kita bisa membeli smart TV, sehingga bisa diakses melalui internet. Biaya kuota internet jauh lebih murah, ketimbang berlangganan TV kabel setiap bulannya.

Bagaimana? Apakah pikiran teman-teman sudah mulai terbuka untuk urusan berhemat listrik? Namun, tidak hanya soal memilih peralatan eletronik saja yang bisa membantu kita untuk berhemat listrik, karena ada beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk berhemat listrik.

Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa teman-teman baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

0 Response to "Tarif Listrik Akan Naik, 8 Cara Mudah Hemat Listrik Rumah Tangga Ini Bisa Dijadikan Solusi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel