Belajar Parenting : Pola Asuh Grow Happy, Nestle LACTOGROW

Setiap anak adalah kado terindah dari Tuhan yang mesti kita sayangi dengan sebaik-baiknya. Terbayang dalam benak, bagaimana besarnya tanggung jawab menjadi orang tua. Entah itu dalam mengungkapkan kasih sayang, mendidik dengan pola asuh yang baik, dan berbagai usaha lainnya yang tentu menyertakan proses di dalamnya.
Nestle Lactogrow
Nestle Lactogrow [Foto : Dok. Pribadi]
Kalau biasanya saya hanya bisa membaca seputar parenting dari rekan Mom Blogger, namun kali ini adalah momentum yang sangat spesial bagi saya. Karena ini merupakan kali pertama saya mendatangi workshop parenting. Ini adalah kesempatan saya untuk belajar menyoal parenting, ya meskipun pada prakteknya belum terlihat. Tidak ada salahnya kan belajar dulu?!
Terkadang saya suka kepo dengan ekspresi bahagia yang terpancar dari seorang anak. Berbagai pertanyaan pun muncul dalam benak, "Ini anak makannya apa ya, ini anak didikan orang tuanya gimana ya, apakah orang tuanya juga senantiasa sebahagia itu?" Dan ternyata adalah benar, bahwa kebahagiaan yang terpancar dari seorang anak berasal dari keluarganya. Kebahagiaan anak berawal dari keluarga yang bahagia!

Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out

Mengenai "Grow Happy", tepat sekali dengan acara yang digelar oleh Nestle LACTOGROW, yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia satu tahun ke atas. Setelah tahun lalu diadakannya workshop untuk memahami pentingnya kebahagiaan keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak. Pada tahun ini, Nestle LACTOGROW kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia dengan menggelar workshop "Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out", di delapan kota di Indonesia. Nestle LACTOGROW bersama dengan para pakar berbagi ilmu untuk membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan mengembangkan kematangan emosi anak. Mulai dari pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna, agar orang tua dapat mendukung anak tumbuh bahagia.  

Nestle Lactogrow

Sesuai dengan yang dikatakan oleh Brand Executive Nestle LACTOGROW Pramudita Sarastri, "Tema ini dipilih karena kami percaya, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak."  pada Workshop "Grow Happy Parenting : Happy from the Inside Out" yang berlokasi di bilangan Jakarta Selatan pada Rabu, 25 September 2019.  
Keterlibatan orang tua (interaksi antara anak dan orang tua), stimulasi, dan nutrisi yang tepat adalah rumus dari Grow Happy

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Anak


Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat.

Nestle Lactogrow

Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan "Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik. Di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoguhrt."

Sepenting itu kita mesti memerhatikan kesehatan saluran cerna anak! Karena kalau dari saluran cerna nya saja sudah bermasalah, maka bisa berakibat anak tersebut tidak bahagia. Cenderung murung, karena ada yang tidak beres dengan saluran cernanya. Iya juga sih, saya saja kalau bermasalah dengan saluran cerna udah rungsing banget, bawaannya cemberut aja.

Pentingnya Memperhatikan Kematangan Emosi Anak


Tak hanya memastikan asupan nutrisi, orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak. Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC mengatakan, "Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia. Orang tua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik."

Nestle Lactogrow

Nah salah satu cara yang simple untuk membangun interaksi positif agar anak senantiasa bersyukur adalah dengan cara bertanya kepada anak, "Ada kabar bahagia apa saja hari ini?". Sehingga dengan bertanya seperti itu, bisa meningkatkan daya pikir dan emosinya.

Berikut merupakan tips membesarkan anak agar tumbuh bahagia :
  • Makan makanan bergizi tepat waktu
  • Cukupi waktu tidur
  • Beri waktu bermain dan eksplorasi
  • Berikan Cinta tanpa syarat
  • Antusias saat mendengarkan anak sedang bercerita, karena anak butuh didengarkan. 
Sedangkan, untuk ekspresi emosi yang positif bisa dengan cara :
  • Menjaga kestabilan emosi kita sebagai orang tua
  • Selalu tanyakan anak
  • Bermain eksplorasi (Membangun komunikasi secara bersama-sama)
  • Mengingat kebahagiaan apa yang didapat setiap harinya
  • Menyajikan gizi yang baik dengan penampilan yang bagus (Karena memberikan bekal untuk anak dengan penampilan yang bagus membuat anak merasa dihargai ; memberi penghargaan kepada anak)
Nestle Lactogrow
Salah satu keseruan acara adalah membuat menu makanan bergizi dari playdoh

Nestle LACTOGROW Susu yang Tepat untuk Membangun Kebahagiaan Anak


Selain dengan konsisten menghadirkan workshop untuk berbagi ilmu pola asuh yang baik dengan melibatkan para pakar, Nestle LACTOGROW juga turut mendukung tumbuh kembang anak Indonesia dengan menghadirkan susu yang diperkaya kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, tujuh mineral dan omega 3 dan 6, serta mengandung probiotik Lactobacillus reuteri.

Nestle Lactogrow

Nestle LACTOGROW merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus reuteri, omega 6, omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral yang terdiri dalam varian plain, vanila dan madu. Diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Centre, Switzerland, membantu tumbuh kembang Si Kecil yang bahagia. Grow Happy!

Kunci sukses seorang anak adalah kebahagiaan hidupnya! Dalam hal mendidik anak jangan pernah menyalahkan anak, tapi lihatlah bagaimana usaha kita mencurahkan kasih sayang.

Jadi bagaimana, sudah siap kan membangun keluarga yang bahagia untuk anak yang sukses?!

2 Responses to "Belajar Parenting : Pola Asuh Grow Happy, Nestle LACTOGROW"

  1. anak yang basih batita hingga balita itu lagi aktif-aktifnya jadi anak butuh produk susu yang bernutrisi baik supaya cerdas dan tumbuh sehat.

    ReplyDelete
  2. Uncccch, calon ibu masa depan udah bahas parenting. Jadi penasaran. Eh tapi bener loh, aku setuju ama closing statementnya, kalo kunci sukses seorang anak adalah kebahagiaan hidupnya! Dalam hal mendidik anak jangan pernah menyalahkan anak, tapi lihatlah bagaimana usaha kita mencurahkan kasih sayang. Pelajaran banget nih buat orang tua dan calon orang tua. Mendidik anak tuh butuh kasing sayang yg tulus, nutrisi yg baik dan menyehatkan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel