-->

31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)

31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report) - Bersyukur banget dengan adanya energi, memudahkan aku dalam beraktivitas. Termasuk untuk bisa hadir ke acara-acara yang luar biasa menarik dan manjadikan pengalaman yang hebat.

Seperti kemarin alhamdulillah aku bisa hadir di acara yang luar biasa, yakni Konferensi Pers Adaro #HidupkanHati Final Report 31 Tahun Adaro Gelorakan Syukur Berbagi untuk Negeri bersama Rumah Zakat.

Acara ini berlangsung pada Selasa, 17 Oktober 2023 di Cyber 2 Tower, Openness dan Respect Meeting Room, Adaro Institute, Kuningan Timur, Kota Jakarta Selatan. Dengan Nara Sumber Ibu Okty Damayanti yang merupakan CSR Division Head of PT Adaro Energy Indonesia, Bapak Mohammad Effendi selaku Ketua Dewan Pengawas, Ibu Zuraida M H selaku Ketua YABN dan Bapak Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat.

Acara yang aku hadiri kemarin benar-benar membuka mata, hati, dan pikiran aku bahwa hidup ini adalah perjuangan. Setiap kita sesungguhnya mampu saling bergandengan dan saling menyemangati serta saling membahagiakan dengan cara terbaik. Seperti yang dilakukan oleh PT Adaro Energy Indonesia dan Rumah Zakat.

31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)
Visi Misi PT Adaro Energy Indonesia

31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)
5 Pilar Adaro Nyalakan Perubahan

Readers, pada Juni 2023 kemarin aku pernah sharing mengenai PT Adaro Energy Indonesia yang merupakan perusahaan bergerak di bidang tambang dan energi dalam rangka ulang tahunnya yang ke 31 meluncurkan gerakan Adaro Hidupkan Hati dengan target mendistribusikan 31 ribu paket sembako bersama Rumah Zakat. Bisa dibaca di sini https://www.marudiyafu.com/2023/06/adaro-hidupkan-hati-bersama-rumah-zakat.html

Nah tulisan kali ini aku mau sharing final report mengenai target Gerakan Adaro Hidupkan Hati bersama Rumah Zakat dalam mendistribusikan 31 ribu sembako untuk keluarga pra sejahtera dalam rangka Ulang Tahun ke 31. 

Melalui Adaro #HidupkanHati 31 Ribu Sembako untuk Keluarga Pra Sejahtera Tersalurkan 

 
Sejak diluncurkannya gerakan Adaro Hidupkan Hati pada Mei 2023 lalu, PT Adaro Energy Indonesia secara bertahap menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat pra sejahtera. 

Terhitung hingga September 2023, sebanyak 31.000 paket yang sudah disalurkan di 200 titik di tujuh provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. 

“Pendistribusian paket sembako ini sudah mulai dilakukan sejak 14 Mei 2023 di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Sementara itu penyaluran terakhir dilaksanakan pada 21 September 2023 di Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Alhamdulillah kegiatan yang berlangsung selama 5 bulan ini berjalan lancar dan mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat sekitar,” tutur Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Okty Damayanti.
31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)
Ibu Okty Damayanti

Adaro Hidupkan Hati adalah sebuah gerakan yang bertujuan mengajak seluruh elemen di Adaro dan para penerima manfaat agar lebih bersemangat dan senantiasa merasa cukup serta selalu bersyukur dalam menjalani hidup. Gerakan ini diluncurkan dalam rangka ulang tahun ke-31 Adaro sekaligus sebagai wujud syukur atas kehadiran Adaro selama 31 tahun untuk masyarakat. 

31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)
Bapak Mohammad Effendi

"Ide dari Adaro #HidupkanHati membagikan sembako ini adalah agar kita manyadari bahwa kita hidup berkecukupan mempunyai keberkahan, namun banyak juga orang-orang yang kurang beruntung yang masih membutuhkan bantuan semacam sembako tersebut walaupun tidak berlangsung terus/berkesinambungan, paling tidak setiap tahun, seperti tahun kemarin 30 ribu paket sembako, tahun ini 31 ribu paket sembako, dan insyaa Allah tahun-tahun berikutnya bertambah." Ujar Bapak Mohammad Effendi.
Oleh karena itu dalam pendistribusian Sembako, Adaro mengajak para karyawannya untuk berpartisipasi dalam kegiatan “Employee Participant Adaro Hidupkan Hati”. Selain menyalurkan paket sembako, para karyawan diajak untuk berinteraksi dengan para penerima manfaat dan merasakan pengalaman istimewa di tempat tinggal mereka. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan Agustus lalu di 3 lokasi diantaranya Desa Tinggiran II Luar Kabupaten Barito Kuala, Desa Liyu di Kabupaten Balangan serta Desa Tumbang Baloi di Kabupaten Murung Raya.

Ada cerita dari Arbani, seorang petani yang merupakan penerima manfaat program Adaro Hidupkan Hati dari Desa Tinggiran II Luar merasa terbantu dan bersyukur dengan bantuan yang diberikan. “Alhamdulillah, senang sekali bisa dapat bantuan sembako ini. InsyaAllah bermanfaat bagi saya dan keluarga. Semoga Adaro semakin maju ke depannya,” ucap Pak Arbani.

"Pesan saya untuk rekan rekan Adaro mari kita stimulasi hati kita, menyalakan kembali hati kita untuk lebih berempati kepada orang lain terutama orang-orang yang kehidupannya kurang mampu. Dan untuk Pak Arbani yang menjadi penerima manfaat program Adaro Hidupkan Hati, saya sangat mendoakan semoga apa yang dicita-citakan oleh Pak Arbani dan keluarga bisa terwujud,” ungkap Widianty, Section Head Accounting PT Maritim Barito Perkasa yang merupakan anak perusahan dari Adaro saat mengikuti employee participant.
  

Sebuah Tantangan Bagi Rumah Zakat Berkolaborasi Dengan Adaro Pada Tahun Kedua

Dalam proses implementasi program distribusi sembako ini, Adaro menggandeng Rumah Zakat. Ini adalah tahun kedua Adaro berkolaborasi dengan Rumah Zakat dalam upaya meringankan beban dari para keluarga pra sejahtera. "Terima kasih PT Adaro Energy Indonesia yang telah mempercayai Rumah Zakat dalam membahagiakan para penerima manfaat melalui pendistribusian 31.000 Sembako. Semoga ke depannya kita bisa membahagiakan lebih banyak lagi keluarga pra sejahtera di Indonesia," ujar CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha.

31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)
Bapak Irvan Nugraha

Kredibilitas dan jangkauan luas dari Rumah Zakat selama ini sebagai lembaga amal dan zakat yang membuat Adaro menggandeng Rumah Zakat. Juga dilakukan dengan sistem by name by address yang artinya pendataan benar-benar sesuai sehingga penerima manfaat sudah pasti orang yang sangat tepat.

Pada tahun pertama Rumah Zakat bekerja sama dengan Adaro yakni dengan memanage pendistribusian. Nah pada tahun kedua ini diberi tantangan di mana dalam proses pendistribusiannya memberikan nilai2 filosofi seperti gerakan yang diluncurkan oleh Adaro yakni Adaro #HidupkanHati.

Di mana dalam proses pendistribusian tidak hanya memberikan tetapi juga menghidupkan hati. Yakni dengan cara yang benar-benar dari hati, sebisa mungkin tidak menyakiti hati penerima manfaat, tapi justru membahagiakan.
Sehingga mempunyai multiple effect yakni tumbuh hati yang penuh syukur. 

Karena jiwa dari Rumah Zakat adalah kebahagiaan bersama. 

0 Response to "31 Tahun Adaro Hidupkan Hati Gandeng Rumah Zakat (Final Report)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel