Langkah-Langkah Bijak Bersosial Media

"Sosial media bisa mendekatkan yang jauh dan bisa menjauhkan yang dekat." Pernah mendengar kata-kata itu? Saya pun sering menemukannya di postingan teman sosial media saya. 
Senada dengan teknologi yang semakin canggih, pastinya membuat para founder sosial media berlomba-lomba dalam memperbaharui aplikasinya agar semakin membuat penggunanya senang berselancar.

Berbicara soal sosial media, kini bukanlah menjadi sesuatu yang asing. Semua kalangan dapat mengaksesnya, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Tak kenal batasan, bebas digunakan oleh siapapun seperti itulah kiranya sosial media. Sejatinya manfaat dari sosial media sendiri adalah media untuk menjalin silaturahmi atau media untuk melakukan sosialisasi yang terhalang oleh jarak dan waktu, sehingga sosial media bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjalin silaturahmi kembali. Tak jarang kita temui teman yang sudah lama tidak bertemu, tiba-tiba hadir dalam ajakan pertemanan di sosial media. Itu merupakan salah satu manfaat dari sosial media.

Namun seiring berkembangnya zaman, kini sosial media bukan lagi hanya menjadi media silaturahmi. Lebih dari itu, kita dapat menemukan berita apa saja yang kita inginkan, kita bisa mencari apa saja yang kita mau. Semua pembahasan ada di sosial media, mulai dari berita politik, sampai berita yang sekedar viral namun kurang berbobot.

Kalau kita tidak bijak dalam menggunakan sosial media, maka kitalah yang akan ditarik oleh sosial media. Bijak dalam bersosial media merupakan hal yang harus kita lakukan saat mengakses sosial media. Jangan sampai, hanya karena sosial media waktu kita terbuang sia-sia, apalagi jalinan pertemanan menjadi rusak gara-gara sosial media
Langkah-Langkah Bijak Bersosial Media
.
Bukan salah sosial medianya. Tapi, salah penggunanya. Begitulah kiranya!

Sosial media bisa membawa banyak dampak positif bagi netizen (Penggiat sosial media) yang menggunakannya dengan baik, pun sebaliknya. Berikut merupakan hal-hal positif yang bisa kalian lakukan untuk membuat sosial media mendatangkan hal positif bagi diri:

1. Akseslah Sosial Media dengan Mencari Konten yang Positif


Tentunya, selain untuk menjalin silaturahmi, kita juga bisa mengakses sosial media untuk kebutuhan informasi. Sebaiknya, mulailah terapkan untuk memilih konten bermanfaat yang bisa menghadirkan efek positif bagi kehidupan kita. Seperti halnya membaca atau menonton konten positif yang memotivasi diri. 

Banyak sekali video-video di youtube atau pun artikel di google yang menyediakan konten positif. Salah satunya tentang motivasi. Seperti yang sering saya lakukan beberapa tahun kebelakang, yakni menggiati diri dengan menonton video motivasi di Youtube. Salah satu yang bisa menjadi referensi dalam belajar dan mendengarkan melalui media sosial yakni dengan melihat video-video Wempy Dyocta Koto Investor yang telah ada di youtube. Banyak sekali konten materi yang bermanfaat, baik dari wawancara Wempy di TV dan sebagainya.
Langkah-Langkah Bijak Bersosial Media
Wempy Dyocta Koto

Tentu, pengalaman seseorang dalam hidupnya menjadi pertimbangan kita juga untuk mempelajari materinya. Wempy Dyocta Koto saat ini adalah Founder and CEO Wardour and Oxford, salah satu perusahaan yang menaungi beberapa startup yang ada di Indonesia seperti Kalibrr.com, Jelasin.com, dan beberapa startup lainnya. Selain itu Wempy adalah seorang konsultan serta investor dan penasihat untuk perusahaan-perusahaan di Eropa, Amerika, dan Asia Pasifik, dan juga menjadi mentor dan pembimbing para CEO di segala bidang seperti kepemimpinan, keuangan, teknologi, pengelolaan sumber daya, operasional, penjualan, pemasaran, dan pengembangan bisnis internasional. 

Dalam hal belajar dan mendengarkan video motivasi dari youtube, saya sendiri sudah merasakan dampaknya bagi kehidupan. Kini, saya mencoba untuk terus memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

Konten positif dari sosial media adalah pengaruh yang datangnya dari luar, yang menjadi penguat untuk memotivasi diri adalah tetap diri kita sendiri. Oleh sebab itu, teruslah untuk mencari makna hidup yang sebenarnya tanpa kata henti.

2. Tinggalkan Akun yang Memancing Hal Negatif


Seiring dengan hal positif yang tersebar di sosial media, hal negatif pun demikian. Tentu jika niatan kita menggunakan sosial media untuk kebaikan, maka meninggalkan hal yang berbau negatif menjadi hal yang harus digerakkan. Banyak sekali perihal yang mengundang kebencian maupun kerusuhan di sosial media, baiknya kita jangan terbawa akan hal-hal negatif tersebut yang bisa membuat diri kita menjadi pribadi yang buruk. Dan usahakan untuk tidak terjebak dengan hal-hal yang hanya membuang waktu kita menjadi sia-sia saat berselancar di sosial media.

3. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Wadah untuk Mengasah Hobi Maupun Bakat


Banyak sekali platform sosial media yang tersedia saat ini. Mulai dari facebook yang dominan dengan status-status tertulis, menyebar link berita, sampai upload foto. Lalu ada twitter yang terkenal dengan kicauan penggunanya. Setelah itu ada instagram yang dominan dengan foto yang disertai caption. Belum lagi ada youtube sebagai platform video. Tentu, setiap sosial media mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau kita jeli melihat peluang di sosial media, maka banyak sekali benefit yang akan kita dapatkan.
Langkah-Langkah Bijak Bersosial Media

Awal tahun 2018 ini, saya mulai giat mengakses sosial media untuk mengasah hobi. Ya, selain belajar dari sosial media, saya juga melatih diri untuk mengembangkan bakat yang ada pada hobi saya. Dalam hal menulis, saya menekunkan diri menulis di blog ini. Dalam hal menggambar digital, saya tekunkan lalu saya upload di instagram. Dari kedua hobi itu, saya sekarang sudah bisa mendapatkan income. Bukan hal yang tidak mungkin kan?!

Begitu positifnya dampak dari sosial media kalau kita bisa memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya, seperti ajakan Wempy Dyocta Koto untuk bijak dalam bermedia sosial yang sering ia sharing pada instagramnya https://instagram.com/wempydyoctakoto. Bijak di sini adalah untuk memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk mengasah hobi yang menghasilkan pendapatan.

Pilihan ada di tangan kita sebagai netizen. Ingin menjadikan sosial media sebagai sesuatu yang bermanfaat atau malah sebaliknya. Banyak sekali kebaikan yang bisa kita lakukan melalui sosial media, salah satunya dengan menyebarkan berita yang positif. Teruslah bijak bersosial media, tanpa henti dan manfaatkan sosial media dengan sebaik-baiknya. 

Salam Bijak Netizen!

1 Response to "Langkah-Langkah Bijak Bersosial Media"

  1. Setuju sama poin ketiga: Manfaatkan Sosial Media Sebagai Wadah untuk Mengasah Hobi Maupun Bakat. Kita boleh eksis di sosmed tapi harus bisa saling memberikan feedback yang baik..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel