-->

Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor - Sebagai kaum boncengers, aku memang tidak begitu banyak tahu mengenai kendaraan bermotor. Tapi sempat beberapa kali mendengar curhatan teman yang menjadi tebenganku, beliau curhat mengenai motor kesayangannya yang selama ini menemani aktivitas setiap harinya. 

Ia menyebut kebutuhan motornya dengan kata 'jajan'. "Si motor abis-abisan nih jajannya, abis dibawa ke bengkel, ada aja sakitnya." 

Ngomong-ngomong, temanku ini perempuan yang setiap harinya motoran. Dari beliau aku jadi tahu bahwa kendaraan sepeda motor perlu dicek kondisinya secara berkala ke bengkel. Yakni untuk melihat kondisi dan performa sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima untuk menjaga performa dan kenyamanan sepeda motor saat berkendara.

Awalnya temanku kesulitan dalam mencari bengkel motor terbaik, sebagai perempuan ia tidak banyak mengetahui persoalan teknik sepeda motor maupun harga suku cadang motor. Bisa-bisa menjadi sasaran empuk bagi Oknum bengkel yang nakal kan?!

Mengingat banyaknya oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dengan mencurangi maupun berbohong kepada konsumen. Belum lagi ada mekanik di Bengkel memberikan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran demi mendapatkan untung besar. 

Ada saja akalnya untuk meraih keuntungan besar, kadang menjelaskan kepada konsumen terdapat suku cadang yang perlu diganti, padahal suku cadang tersebut masih dalam kondisi layak pakai. Ya gimana ya, kalau orang mau mengambil keuntungan lebih, ada saja caranya. 

Nah karena ketidaktahuan mengenai kondisi suku cadang membuat beberapa konsumen mengikuti apa yang dikatakan mekanik ini. Kalau sudah seperti ini, kerugian yang dialami mungkin tidak sedikit. Apa lagi jika mengetahui harga sebenarnya, pasti menyesal sih sudah servis ke bengkel yang salah.

Untungnya temanku sudah memilih bengkel yang terpercaya berdasarkan rekomendasi dari rekannya.

Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor, Tanpa Takut untuk Dicurangi


Harga Jujur dan Transparan

Memang tidak banyak bengkel yang memberikan harga secara terang-terangan kepada calon konsumen. Disini, kita sebagai konsumen harus aktif bertanya secara langsung kepada staf atau mekanik bengkel mengenai harga produk serta layanan yang ingin dibelanjakan. Sering sekali, pihak bengkel tidak jujur dalam memberikan harga suku cadang.

Sebelum ke Bengkel, pastikan Readers sudah melakukan riset mengenai harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan. Sehingga ketika harga suku cadang di luar ekspektasi, Readers bisa menolaknya atau membandingkan dengan harga yang sudah Readers ketahui sebelumnya.

Mekanik Profesional dan Handal

Tips selanjutnya yang perlu Readers ketahui dalam memilih bengkel motor adalah mekanik yang handal dalam memperbaiki sepeda motor. Mekanik yang mengerti seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh, akan membuat Readers lebih percaya untuk memperbaiki motor di bengkel tersebut. Sehingga Readers bisa mendapatkan jawaban yang puas atas segala pertanyaan maupun keluhan yang dialami.

Jika Readers ingin tahu apakah bengkel tersebut memiliki mekanik profesional dan handal, Readers bisa memberikan beberapa pertanyaan mengenai masalah motor, yang mana Readers sudah mengetahui jawabannya dan apa yang perlu dilakukan pada sepeda motor.

Readers bisa mencocokan dengan apa yang menjadi jawaban dari Mekanik tersebut dengan pengetahuan yang Readers tahu mengenai kerusakan pada motor. Pastinya, jawaban mekanik yang meyakinkan membuat Readers akan balik lagi ke bengkel tersebut kan?!

Peralatan Modern

Tips memilih bengkel motor terbaik berikutnya, bisa dilihat dari perlengkapan yang tersedia. Bengkel dengan peralatan modern tentu menjamin bahwa pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif.

Selain itu, bengkel yang memiliki perlengkapan modern membuat suku cadang sepeda motor lebih aman saat dilakukan perbaikan.

Contohnya jika Readers ingin mengganti ban motor, penggunaan Tyre Changer (Alat, melepas dan memasang ban) di Bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman, karena tidak baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban.

Bahkan alat congkel ban, bisa membuat velg menjadi cacat menyebabkan kondisi ban akan selalu bocor setelah di pasang.

Pastikan bengkel yang Readers kunjungi memiliki perlengkapan modern, membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores.

Kelengkapan Suku Cadang

Menemukan bengkel terpercaya dapat dilihat dari kelengkapan suku cadang yang tersedia di bengkel. Bengkel yang lengkap tentu memudahkan Readers dalam mendapatkan suku cadang dan layanan secara lengkap dan menyeluruh.

Kelengkapan suku cadang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Readers, karena Readers tidak perlu beralih ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang mungkin perlu diganti saat melakukan perbaikan di bengkel tersebut.

Jaminan Garansi

Memang tidak mudah mendapatkan bengkel yang memiliki garansi dari layanan maupun suku cadang-nya. Bengkel terpercaya berani memberikan jaminan garansi atas apa yang mereka kerjakan terhadap motor Readers.

Bengkel yang baik dan terpercaya, mereka akan memberikan jaminan kepada para pelanggan atas apa yang mereka kerjakan. Dengan adanya garansi, Readers bisa kembali ke bengkel tersebut untuk memperbaiki keluhan dan masalah pada motor jika sewaktu-waktu motor mengalami kendala setelah melakukan perbaikan. Atau adanya kerusakan suku cadang padahal belum sampai 7 hari digunakan.

Jam Operasional Panjang

Mencari bengkel yang buka sampai malam tidak mudah. Padahal, Readers tidak pernah tahu kapan motor bermasalah. Belum lagi, jika kita baru bisa pergi ke Bengkel di jam pulang kantor. Pastinya, sangat jarang bengkel yang buka sampai malam. Karena di pagi dan siang hari, Readers masih sibuk mengurusi pekerjaan.

Jam operasional bengkel yang panjang, menjadi penting untuk kemudahan Readers saat perlu memperbaiki motor secara mendadak di malam hari. Bengkel dengan jam operasional panjang menjadi solusi bagi Readers yang mengalami kendala sepeda motor atau baru sempat ke bengkel selepas pulang kantor.

Berbagai Metode Pembayaran

Iya gak sih Readers, rasanya saat ini jarang sekali pergi kemana-mana bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Begitupun, ketika pergi ke bengkel untuk memperbaiki motor. Sudah bawa uang tunai, sampai bengkel ternyata jumlah pembayaran melebihi jumlah uang tunai yang sudah ditarik dari ATM. Kan repot mesti bolak balik nyari ATM.

Daripada membawa uang tunai, sebaiknya Readers membayar transaksi di bengkel dengan metode pembayaran lainnya atau metode non tunai. Memang masih cukup jarang menemukan bengkel-bengkel yang bisa pembayaran selain tunai.

Saat ini bengkel-bengkel modern, sudah memiliki metode pembayaran non tunai (debit dan e-wallet). Sehingga memudahkan Readers dalam proses pembayaran tanpa harus membayar tunai. Readers bisa merasa lebih nyaman saat ke Bengkel.

Solusi Tepat, Memperbaiki Sepeda Motor Di Planet Ban

Readers, tidak semua bengkel yang ditemui bisa sesuai dengan tips-tips di atas. Namun hal itu temanku temukan di Planet Ban, tidak sengaja sepulang kerja dia lewat salah satu Bengkel Planet Ban dekat rumah sesuai dengan rekomendasi dari rekannya, sekaligus melihat banner di salah satu Bengkel Planet Ban dengan tulisan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”.

Rasa penasarannya pun muncul, akhirnya dia mencoba untuk datang ke Bengkel Planet Ban tersebut. Kebetulan pada saat itu, sudah masuk waktu servis sepeda motor. Ia melipir ke Bengkel Planet Ban dan mencoba bertanya-tanya ke mekanik di Bengkel mengenai tulisan banner tersebut.

Sang mekanik menjelaskan mengenai Servis rasa Mesin Baru merupakan konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis. Servis Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang berbeda dari servis motor pada umumnya.

Pada proses servis, ternyata Mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor. Melainkan menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban.

Adapun beberapa bagian yang di servis, terdiri dari:

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi

Readers, Planet Ban sekarang tidak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban.

Harga juga transparan, karena bisa di cek di website resmi Planet Ban, planetban.com. Readers juga bisa lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.

Planet Ban bisa menjadi Bengkel pilihan untuk Readers yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor. Mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Jadi, ke Planet Ban aja, untuk seluruh kebutuhan sepeda motor.


Selain itu, Planet Ban memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan Readers dapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor 
  • Readers juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya.

Gak rugi sih kalo semua kebutuhan motor diserahkan ke Planet Ban. Readers bisa kunjungi Planet Ban terdekat ya !

Readers juga bisa dapat Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu


6 Responses to "Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor"

  1. Planet ban ini lengkap banget ya pelayanannya selain itu suku cadangnya berkualitas pula 👍

    BalasHapus
  2. Awalnya dulu saya pikir di Planet Ban hanya untuk ganti ban saja, ternyata ada servisnya juga, malah perlengkapannya modern, udah gitu harganya juga transparan, lokasinya pun dekat rumah, jadi lebih mudah kalau mau servis.

    BalasHapus
  3. Planet Ban memang bisa untuk melakukan service kendaraan R2. Berasa All in One aja disitu. Jadi g perlu repot repot untuk lari sana sini. Ganti Ban bisa, Ganti Oli mesin bisa, Ganti Oli mesin samping juga bisa, apalagi service kendaraan otomatis bisa. Dan juga lokasinya "Terjangkau" banget, persis dg tarifnya

    BalasHapus
  4. Suamiku pernah g sengaja ganti ban di planet ban, happy dia ...ternyata harga sama aja kek bengkel lain tapi peralatan lebih canggih

    BalasHapus
  5. Dibandung sudah banyak bertebaran nih bengkel planet ban ditambah lagi bukanya sampai malam,,,jadinya tidak khawatir lagi apabila misal motor ada trouble,,,

    BalasHapus
  6. Kaum boncengers wajib paham ya sama dunia permotoran. Biar ga gaptek2 banget. Udah gitu bisa ingetin untuk perawatan sepeda motornya ya...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel