-->

Cara Mudah Berzakat, Ramadhan Kita #ManfaatHebat untuk Indonesia dan Palestina

Cara Mudah Berzakat, Ramadhan Kita #ManfaatHebat untuk Indonesia dan Palestina - Readers, kurang lebih 11 hari lagi insyaa Allah kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bulan Ramadhan penuh dengan berkah, setiap kita berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Seperti sabda Rasulullah SAW "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia" (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni).

Berbicara soal menjadi bermanfaat, pada Selasa (27/2/2024) digelar Press Conference Rumah Zakat meluncurkan gerakan Ramadhan Kita #ManfaatHebat untuk Indonesia dan Palestina, yang bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan baik di Indonesia maupun Palestina.


Dalam acara ini hadir Ferdi Hasan yang merupakan seorang Public Figur sekaligus donatur Rumah Zakat, Ust. Husein Gaza seorang relawan kemanusiaan Palestina, dan Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat. 

Ramadhan tahun ini Rumah Zakat menargetkan untuk mengajak umat muslim membantu 350ribu penerima manfaat baik di Indonesia maupun Palestina melalui beragam program istimewa. 

“Ramadhan tahun lalu, bersama 45.811 donatur perorangan, 230 mitra komunitas, dan 97 mitra korporat, kita berbagi kepada 244.477 penerima manfaat dari Aceh hingga Papua. Tahun ini kami menargetkan pertumbuhan penerima manfaat sebesar 43%,” ungkap CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha. 

Tahun lalu Rumah Zakat telah menghadirkan kebahagiaan kepada penerima manfaat di pelosok-pelosok Indonesia melalui program-program Ramadhan tahun 2023, mulai dari berbagi ifthar, ramadhan bebas hutang, bingkisan sembako keluarga, syiar qur'an, dan bantuan perlengkapan ibadah untuk masjid dan musholla. Rumah Zakat bangga sekali telah memfasilitasi para muzakki, para donatur untuk menghadirkan kebahagiaan di 2023 dalam program ramadhan tahun lalu. 

Tahun ini Rumah Zakat menghadirkan program-program istimewa untuk para muzakki Indonesia untuk memberikan kebahagiaan baik penerima manfaat di Indonesia maupun juga untuk saudara kita di Palestina. 

Adapun program spesial Ramadhan tahun ini antara lain : 

  1. Berbagi Buka Puasa 
  2. Berbagi Sahur 
  3. Bingkisan Lebaran Keluarga 
  4. Kado Lebaran yatim 
  5. Syiar Qur’an 
  6. Masjid Berseri 
  7. Ramadhan Bebas Hutang 
  8. Ramadhan untuk Palestina. 

Ramadhan untuk Palestina

Tahun ini Rumah Zakat menghadirkan Syi'ar Qur'an yang Al-Qur'annya dengan corak bendera Palestina, untuk menguatkan semangat saudara-saudara kita di Indonesia terhadap perjuangan masyarakat di Palestina. Yang akan didistribusikan ke berbagai pelosok daerah di Indonesia dan untuk memperkuat penerimaan di binaan desa berdaya Rumah Zakat. 

Karena tahun ini Rumah Zakat membuat program Ramadhan Kita #ManfaatHebat untuk Indonesia dan Palestina maka Rumah Zakat membuat program-program untuk Palestina sebagai sarana untuk membantu secara terus-menerus terutama di Bulan Ramadhann ini.

“Untuk di bulan Ramadhan ada 5 program Ramadhan untuk Palestina antara lain ifthar, food basket, bread for Palestine, vegetable package, dan juga eid gift. Kami menargetkan ada 100ribu warga Palestina yang menjadi penerima manfaat. Mohon doa dan juga dukungannya sehingga kita bisa memberikan Ramadhan terbaik untuk saudara kita di Palestina,” tutur Irvan.

Harapannya program ini dapat menghadirkan kebahagiaan buat saudara-saudara kita di Palestina khususnya di Kota Gaza. Alhamdulillah per tanggal 26 Februari 2024 ada sekitar 416.239 penerima mannfaat yang telah terbantu dalam program Bantuan Palestina yanng diibungkus dalam Campaign Semangat Indonesia Bersama Palestina. Campaign ini memang dihadirkan dalam rangka menguatkan bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina. 

Rumah Zakat terus berkomitmen untuk membantu warga Gaza yang saat ini tengah berada di tragedi kemanusiaan  sejak 7 Oktober 2024. Hingga 26 Februari 2024, bersama mitra kolaborasi, Rumah zakat sudah menyalurkan bantuan berupa 51.500 Paket Makanan Siap Saji, 1.515 Paket Obat-obatan, 19.250.000 Liter Air Bersih, 3.640 Paket Superqurban, 700 Paket Pakaian Musim Dingin, 2 Titik Desalinasi Air Laut, 3 Unit Truk Logistik, 20 Unit Tenda, 207 Hygiene Kita, 2.532 Food Basket, 1.180 Paket Sayuran, 1.150 Aksi Siaga Sehat, dan 8 Unit Toilet Darurat.

Adapun rencana penyaluran untuk Palestina selama Ramadhan 1445 yakni 10.000 paket Vegetable Package Palestine, 50.000 paket bread for palestine, 100.000 paket Ifthar Palestine, 10.000 paket Food Basket Palestine, dan 5.000 paket Eid Gift Palestine. Dengan target Ramadhan 2024 yakni 350ribu penerima manfaat. 

Rumah Zakat menyediakan sarana kemudahan bagi para donatur, muzakki, rekan-rekan media, dan mitra kolaborasi, untuk menunaikan zakat yakni bisa dengan cara digital, donasi online Rumah Zakat, Rumah Zakat App, ataupun transfer melalui rekening Rumah Zakat. 


Semoga Ramadhan kali ini bisa menghadirkan kebahagiaan untuk saudara-saudara kita di Indonesia maupun di Palestina dan bisa menjadi Ramdhan terbaik bagi kita ya Readers.

Ferdi Hasan Mengenal Rumah Zakat

Ferdi Hasan mengenal Rumah Zakat pada 2015/2016 bulan Ramadhan, dalam acara islami dan menginterview Rumah Zakat, lalu setelah itu tertarik dengan program-program Rumah Zakat karena program-programnya bagus.

Dirinya menyebutkan bahwa kita masih sangat kecil, masih sangat kurang dan kikir untuk berbagi, sedekah, infaq, semoga Allah lembutkan hati kita untuk berbagi, karena ini tugas kita. Kita mungkin bisa berbuka puasa dengan mudah, namun ada saudara-saudara kita yanng kesulitan apalagi di Gaza yang membayangkannya saja maupun melihatnya sudah tidak tega, semoga kita bisa memberikan kebahagiaaan melalui Rumah Zakat. 

Pada usianya yang ke-40 Ferdi Hasan mengatakan tidak ada kata terlambat untuk mendalami islam. Di Al-Qur'an pun disebutkan surat 46 ayat 15 yang membuatnya tersentuh sampai akhirnya mendalami tentang agama, Rasulullah SAW saja mendapatkan amanah untuk menjadi Rasul dan Nabi di usia 40, jadi kayaknya usia 40 ini titik penting dalam kehidupan umat manusia apapun agamanya. 

Ferdi Hasan mengatakan sangat jatuh cinta dengan program Super Qurban, ia berpikir bahwa biasanya kita lebaran haji potong qurban mungkin 3 hari, tapi Rumah Zakat memasukkannya ke dalam kaleng sehingga bisa terus terdistribusi ke berbagai daerah. Dan yang paling disenangi adalah saat pandemi, kenudahan akses untuk berzakat yang disediakan Rumah Zakat sangat membantu serta mengetahui laporannya seperti apa walaupun terus terang pasti kita punya personal preference.

Harapannya untuk Rumah Zakat di Ramadhan, rasanya masih besar sekali potensi penerimaan zakat . Semoga semangat kita untuk membantu saudara-saudara kita di Palestiina tetap terjaga dan targetnya terealisasi, semoga kita bisa terus menjaga momentum tidak hanya di Bulan Suci Ramadhan tapi juga di bulan-bulan lainnya bisa terus dipertahankan. 

Ust. Husein Gaza, Relawan Kemanusiaan Palestina

Ust. Husein Gaza sebagai Relawan Kemanusiaan Palestina sejak 2011 atau 12 tahun di Palestina. memberikan pandangannya mengenai Ramadhan di Gaza Palestina, saudara kita di Palestina terutama para Ayah selalu dilematis antara senang menyambut Ramadhan dan mesti berpikir sahur apa besok, bagaimana anak-anaknya bisa menyambut keceriaann Ramadhan, apalagi sekarang ini bagaimana menghadapi Ramadhan bersama kehancuran yang kerusakannya sudah jauh lebih masif daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Maka ada seorang ekonom di Palestina menyebut Gaza membutuhkan sekitar 92 tahun untuk bisa kembali normal dengan catatan ada uangnya. Karena yang dihancurkan tidak hanya bagunan, namun juga infrastruktur. Untuk pertama kalinya dalam sejarah jalanan aspal dikeruk dari ujung ke ujung, belum lagi rumah sakit yang lumpuh, 

Ramadhan di Gaza 2024 ini tidak bisa kita bayangkan bagaimana luka yang mereka harus hadapi saat ini. 

Ust. Husein Gaza berbagi pengalamannya selama menjadi jurnalis di Gaza, di mana listrik masih menyala selama 4 jam dan internet masih edge di mana 3G belum masuk, tapi masih bisa diakses, tapi kali ini hari pertama tanggal 7 Oktober internet putus dan listrik putus, sebagai seorang wartawan/jurnalis listrik dan internet merupakan senjatanya. 

Langkah nyata yang bisa kita lakukan adalah ubah dulu pemikiran bahwa ini bagian dari perjalanan dan perjuangan kita. Di mana sebenarnya kita adalah korbannnya, di mana kekuatan kita sebagai umat muslim ada di Masjidil Aqsa, karena Masjidil Aqsa merupakan salah satu masjid yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW untuk dikunjungi.

Dalam QS Al-Isra 17:1, Selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Rasulullah SAW juga menganjurkan umat muslim untuk berziarah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Rasulullah SAW. bersabda, "Janganlah kamu bersusah payah melakukan suatu perjalannan mennuju masjid kecuali ketiga masjid, yaitu Masjidil Haram (di Mekah), masjidku (Masjid-Nabawi di Madinah), dan Masjidil Aqsha (di Palestina)." (HR Al Bukhari dan Muslim)




0 Response to "Cara Mudah Berzakat, Ramadhan Kita #ManfaatHebat untuk Indonesia dan Palestina "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel