-->

Gerakan Push Up yang Benar untuk Laki-laki dan Perempuan

Gerakan Push Up yang Benar untuk Laki-laki dan Perempuan - Readers, sebelum melakukan gerakan push up ada baiknya dulu kita melakukan pemanasan, pemanasan ini sangat penting untuk membuat tubuh kita beradaptasi saat sebelum olah raga, ini dia beberapa gerakan pemanasan yang bisa kita lakukan:
  • Memutar Pinggang
  • Berjalan Santai
  • Lari di Tempat
  • Squat
  • Lompat di Tempat

Cara Melakukan Push Up 

Untuk gerakan push up pada perempuan dan laki- laki ada sedikit perbedaan. Untuk laki- laki gerakannya ini cukup umum seperti yang sering kita lihat dan untuk perempuan gerakannya sedikit berbeda.

Push Up Laki-Laki

gerakan push up
Sumber Foto : hellosehat.com
 

Untuk gerakan push up laki- laki cukup simpel dan juga mudah, nah Readers ini dia langkah-langkah dan gerakan push up yang bisa Readers ikuti:

1. Buat Posisi Tubuh Seperti akan Merangkak

Pertama Readers harus membuat tubuh dengan benar dan siap di lantai seperti kita akan merangkak, kemudian posisikan tangan Readers sedikit lebih lebar dari bahu, jika sudah rentangkan kaki Readers ke belakang dan seimbangkan dengan posisi tangan.

2. Turunkan Badan ke Lantai Secara Perlahan

Saat Readers menurunkan badan Readers ke lantai coba turunkan dengan perlahan, kencangkan perut Readers dengan menarik pusat ke bagian belakang. Setelah itu coba untuk menarik napas secara perlahan saat Readers menekuk siku atau menurunkan badan Readers ke lantai sampai siku membentuk sudut 90 derajat.

3. Menaikan Badan ke Posisi Semula

Jika sudah, coba untuk menaikkan badan Readers ke posisi semula sambil buang napas dan konsentrasikan otot dada Readers kemudian dorong lagi dada ke atas dengan topangan dari tangan. Ulangi gerakan ini semampu Readers. jangan memaksakan gerakannya jika sulit. 

Cara Melakukan Push Up Perempuan 

gerakan push up perempuan
Sumber Foto : halodoc.com

 

Bukan hanya laki- laki, perempuan juga bisa melakukan gerakan push up, gerakan untuk perempuan ini bisa di bagi menjadi 2 gerakan, diantaranya: 

Knee Push Up

Gerakan knee push up ini di lakukan dengan posisi tubuh yang cenderung horizontal dan sama saja dengan push up pada umumnya. Ini dia langkah- langkah yang bisa Readers ikuti:

  1. Posisikan diri Readers di atas matras kemudian arahkan tubuh Readers menghadap matras
  2. Aturlah posisi telapak tangan Readers di atas matras dengan posisi lurus, jarak untuk antar tangan dan kaki ini harus sejajar dengan bahu.
  3. Pastikan lutut Readers menempel di matras, posisi untuk lutut dan punggung harus sejajar
  4. Jika sudah tekuk siku Readers kemudian turunkan ke arah matras hingga menempel, kemudian dorong siku Readers hingga lurus kembali
  5. Readers bisa mengulangi gerakan ini sesuai dengan kemampuan Readers.

Traditional Push Up 

Gerakan dari push up yang satu ini bisa di bilang lebih berat jika di bandingkan dengan push up yang lainnya. walaupun begitu gerakan untuk jenis push up ini sering di lakukan oleh mereka yang suka akan tantangan. Ini dia langkahnya:

  1. Atur posisi ke arah matras
  2. Letakkan telapak tangan Readers pada atas matras dengan posisi yang lurus, atur jarak untuk tangan kanan dan bahu sejajar.
  3. Posisikan ujung jari Readers menempel dengan matras, usahakan punggung Readers lurus sampai ujung kaki.
  4. Sebelum memulai gerakan push up tahan otot perut Readers
  5. Tekuk siku dan turunkan dada Readers ke atas matras, jangan lupa untuk tetap menjaga otot perut dalam keadaan kencang
  6. Dorong lagi dada hingga ke matras dan dorong lagi hingga menjauhi matras
  7. Readers bisa mengulangi gerakan yang satu ini sesuai dengan kemampuan.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Readers dalam berolahraga. Salam sehat luar biasa!

0 Response to "Gerakan Push Up yang Benar untuk Laki-laki dan Perempuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel