Indonesia Properti Expo 2019, Mewujudkan Rumah Impian Millenial

Ini merupakan kali pertama saya datang ke Indonesia Properti Expo yang tentunya membawa banyak kisah menarik untuk diulik di marudiyafu.com. Mulai dari menata ruang rumah mungil, menata ruang kerja di rumah, sampai peran Bank BTN selaku sponsor tunggal di Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019.

jadwal indonesia properti expo 2019, jadwal pameran properti 2019, pameran properti 2019 jakarta, indonesia properti expo 2018, btn properti expo 2019, jadwal properti expo 2019, pameran properti jcc 2019, pameran indonesia properti expo 2019, menata rumah, menata rumah minimalis, rumah impian millenial, rumah impian, menata ruang kerja, menata ruang kerja di rumah, menata ruang kerja di kamar, menata ruang kerja di kamar mungil, kamar mungil
Menikmati spot ciamik di Indonesia Properti Expo 2019 [Difotoin sama Ka Hani]

Millenial dan Properti


Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa generasi millenial kurang tertarik dengan properti. Millenial lebih tertarik untuk melakukan traveling. Bahkan Millenial rela menabung untuk mencapai list travelingnya. Benarkah?

Kalau dilihat dari feed pertemanan sosial media saya dengan millenial lainnya, mungkin bisa dikatakan imbang. Ada millenial yang hobi traveling namun tetap memikirkan investasi properti seperti rumah masa depan, ada juga yang memang hobi traveling namun belum terlihat antusias untuk memiliki rumah sendiri. It's okay, kalau menurut saya sah-sah saja sih! Kan setiap kita mempunyai pandangan yang berbeda. "Logika saya bukan logika anda" Istilahnya begitu. 

Pada tulisan kali ini saya ingin sharing pandangan saya akan properti. Masih ingat dalam benak semasa kecil sering main orang-orangan dan barbie yang mana saya sendiri membuat disain rumahnya. Kala membuat rumah untuk permainan itu, saya seperti sedang menghayal rumah idaman saya di masa depan. Entah kenapa rasanya sangat puas jika saya bisa membuat rumah untuk permainan itu sesuai dengan kemauan saya. Seindah itu masa kecil saya!

Hingga beranjak dewasa, saya pun terkadang suka menghayal bagaimana rumah saya nantinya bersama keluarga. Mulai dari disain rumahnya, hingga peralatan serta perlengkapan yang ada di dalamnya. Umumnya sih saya seperti millenial lainnya yang menginginkan rumah dengan desain minimalis namun sangat nyaman untuk ditinggali. Sejalan dengan konsep rumah yang ingin dibangun, saya juga mesti memperhatikan tataan rumah yang ciamik!

Serba Serbi Menata Rumah di Acara Indonesia Properti Expo 2019


Bak menemukan pencerahan di dalam kegelapan. Alhamdulillah saya bisa mendatangi acara Talkshow & Blogger Gathering dengan tema "Serba-Serbi Menata Rumah" dimoderatori oleh Ani Berta, dengan pemateri Zata Ligouw yang sharing mengenai "Menata Ruang Kerja di Rumah" sesuai dengan pengalamannya, dan ada Adelya yang sharing tentang "Menata Rumah Mungil". Wah ciamik banget ya materinya! By the way, acara ini bertepatan pada Indonesia Properti Expo 2019 yang berlokasi di JCC pada tanggal 31 Juli 2019. Dan Indonesia Properti Expo 2019 ini berlangsung pada 27 Juli - 4 Agustus 2019.
jadwal indonesia properti expo 2019, jadwal pameran properti 2019, pameran properti 2019 jakarta, indonesia properti expo 2018, btn properti expo 2019, jadwal properti expo 2019, pameran properti jcc 2019, pameran indonesia properti expo 2019, menata rumah, menata rumah minimalis, rumah impian millenial, rumah impian, menata ruang kerja, menata ruang kerja di rumah, menata ruang kerja di kamar, menata ruang kerja di kamar mungil, kamar mungil
Ani Berta, Adelya, Zata Ligouw [Foto : marudiyafu.com]
Ya kan niat awal ingin menyimak talkshow kece ini, tapi begitu sampai lokasi malah dapat bonus sembari lihat-lihat properti yang banyak banget promonya. Ini sih namanya sekali mendayung dua tiga pulau terlampui.

Menata Rumah Mungil by Adelya


Kebetulan, sesuai banget dengan rumah masa depan yang saya inginkan nantinya yakni rumah mungil. Adelya yang memang merupakan seorang Konsultan Interior sharing mengenai pengalaman dirinya dalam menata rumah yang mungil namun tetap sesuai dengan kebutuhan, nyaman pastinya, rapih, dan seperti tempat favoritnya.

Memiliki rumah mungil, kerap kali kita membatasi pikiran dengan menata rumah seadanya saja alih-alih mempersempit ruangan karena penataan rumah yang tidak sesuai dengan luasnya atau furniture yang ukurannya tidak disesuaikan dengan luas rumah.

Kalau saja kita mau lebih berusaha untuk menata rumah mungil sesuai dengan konsep yang telah kita kuasai, kita bisa seperti Adelya yang menjadikan rumah mungil sebagai surga kita dalam beristirahat atau mungkin untuk bekerja bagi yang sering melakukan pekerjaan di rumah.
Menata rumah bisa menjadi sesuatu hal yang sangat mengasyikkan sekaligus bisa mempercantik tampilan rumah.
Small Space Living adalah hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan.






Sebuah kiriman dibagikan oleh Adelya (@adelyavk) pada

Nah, dalam menata rumah mungil kita bisa balik lagi dengan memikirkan apa saja sih yang menjadi tahap-tahap perencanaannya. Yakni :
  • Menentukan apa saja kebutuhan seluruh keluarga 
  • Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga
  • Perbanyak referensi hal-hal yang disukai 
  • Menghitung budget yang tersedia
Yang utama dari menata rumah mungil adalah dengan memperhatikan lighting. Agar budget terbatas dan rumah mungil terbantu dengan lighting yang bagus, yakni dengan cara harus memperhatikan lighting natural/alami dengan bantuan sinar matahari.

Seirama dengan lighting natural untuk menciptakan suasana yang nyaman, lighting buatan juga harus diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan dan dapat menunjang lighting natural.

Lalu yang gak kalah penting dari lighting adalah akses udara atau sirkulasi udara. Jendela yang besar harus ada di salah satu sisi rumah mungil untuk kebutuhan sirkulasi udara.

Nah, yang gak kalah penting juga yakni soal warna cat rumah. Di rumah mungil perlu banget memerhatikan pemilihan warna cat rumah. Adelya menyarankan untuk memilih cat dengan warna yang adem seperti putih, abu-abu, atau coklat muda.





Sebuah kiriman dibagikan oleh Adelya (@adelyavk) pada

Lalu soal pengadaan storage di rumah mungil. Storage yang digunakan bisa dengan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan dibuat sekreatif mungkin atau mungkin kalau memang tidak ada bisa membeli dahulu sesuai kebutuhan dan budget yang pastinya.

Salah satu contoh untuk mensiasati rumah mungil agar tidak terlihat berantakan adalah dengan cara menyimpan alat-alat pembersih seperti sapu, alat pel, dan lain-lain dalam satu lemari.
Yang diingat dari rumah mungil yakni seberantakan apapun rumah harus cantik!
Lalu soal penghijauan yang mesti ada di rumah mungil dengan memerhatikan besarnya tanaman dan menata riasnya.

Dalam rumah mungil perlu untuk menentukan ketepatan furniture pada tema. Nah, tema merupakan benang merah dalam menata rumah. Bagaimana caranya agar rumah tetap nyaman, yakni dengan menentukan terlebih dahulu temanya.

Mengenai tema rumah, berikut merupakan macam-macamnya :
  • Rustic, identik dengan elemen kayu tanpa sentuhan akhir serta batu alam. Elemen ini bisa dilihat dari dinding bata yang tidak diaci, langit-langit ekspos, dan furniture kayu. Nuansa yang diciptakan oleh tema ini adalah kasar namun hangat.
  • French Country, tema ini memiliki ornamen yang khas gaya sentuhan pedesaan negeri Prancis yang terlihat elegan dalam kesederhanaan.
  • Bohemian, tema ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa bebas dan ekspresif. Tema bohemian memiliki ciri khas penggunaan karpet dan kain-kain yang meramaikan penampilan ruangan. Temans bisa memadukan berbagai motif dan warna sekaligus dalam satu ruangan.
  • Skandinavian, identik dengan kesan bersih dan alami. Lantainya biasa menggunakan keramik berwarna putih atau bermaterial kayu. Tidak ada banyak dekorasi dalam tema ini. Penataan furniture juga dilakukan dengan rapih sehingga tidak ada kesan berantakan. Daya tarik dari tema skandinavia adalah tata cahaya dan kain-kain throw sebagai dekorasi di atas sofa. Tema Skandinavia ini minimalisnya dapet!
  • Modern Japanese/Korea, biasanya dengan menggunakan kotak untuk menaruh barang-barang. Dengan prinsip sebuah bangunan berukuran kecil, meski sederhana, dapat dirancang dengan konsep bertingkat untuk memaksimalkan fungsi ruang. 

Menata Ruang Kerja di Rumah by Zata Ligouw


Setelah belajar soal menata rumah mungil bersama Adelya, selanjutnya adalah Menata Ruang Kerja di Rumah yang disampaikan oleh Zata Ligouw sesuai dengan pengalaman pribadinya.

Zata Ligouw sendiri terinspirasi untuk membuat ruang kerja di rumah karena dulunya mempunyai ruang kerja di bawah tanah yang dipindahkan menjadi ke atas jadi berantakan. Hingga akhirnya Zata Ligouw benar-benar membuat ruang kerja dengan tema colourfull dari lomba blog yang mengantarkannya ke Jepang. Kece ya gaes!


Temans, kalau belum mempunyai ruang khusus untuk bekerja, dimulai saja dengan menyiapkan meja kerja ya. Bisa dengan memakai meja yang sudah tidak terpakai atau mungkin membeli yang baru. Bebas! Zata Ligouw sendiri pernah menggunakan meja kerja yang awalnya dari meja rias.

Lalu, siapkan meja tersebut di pojokan ruang. Semisal, di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, atau bahkan ruang istirahat. Hehe.

Setelah itu adalah penambahan aksesoris untuk mendukung ruang kerja. Fungsinya untuk menunjang pekerjaan, menaikkan mood kerja, dan mempercantik ruangan.

Salah satu contoh dari aksesorisnya adalah dengan mengadakan moodboard. Dengan menempelkan seperti gambar yang disukai, foto pribadi, atau dengan menuliskan Quote menarik yang membuat semangat naik.

Selain itu, tanaman juga merupakan salah satu yang membawa pengaruh besar jika ada di ruang kerja. Karena manfaat dari adanya tanaman diantaranya, meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, mendatangkan kebahagiaan, membuat rileks dan nyaman, mengurangi stress, meningkatkan kesadaran mental.

Selain itu, Zata Ligouw mengatakan bahwa "Menurut sebuah penelitian di Universitas Michigan, Bekerja di alam terbuka atau memberi sentuhan alam di ruang kerja, seperti menaruh tanaman di meja atau di sekitar ruangan, dapat menambah daya serap hingga dua puluh persen. Pengaruh alam di dalam ruang kerja membantu menstimulasi indera dan pikiran, meningkatkan kesadaran mental serta performa dalam bekerja."
Dan acara ditutup dengan pesan yang disampaikan oleh kedua pemateri. Yakni dari Zata Ligouw "Kalau banyak kerja di rumah, siapin saja dulu ruang kerja di rumah di pojokan pakai apapun yang ada." Dan dari Adelya "Mau sekecil atau sebesar apapun rumah yang penting adalah lighting!"

Peran Bank BTN Selaku Sponsor Tunggal Indonesia Properti Expo 2019

 By the way, pastinya saya tidak mau melewatkan kesempatan untuk berkeliling di IPEX 2019 (Indonesia Properti Expo). Selain karena banyak sekali pengembang yang menyediakan informasi seputar properti yang ditawarkannya, booth-booth di IPEX 2019 ternyata juga kece-kece buat diajak foto bareng. Hehe. Jadi, sekalian mencari informasi juga bisa foto-foto buat feed instagram. Seru kan?
jadwal indonesia properti expo 2019, jadwal pameran properti 2019, pameran properti 2019 jakarta, indonesia properti expo 2018, btn properti expo 2019, jadwal properti expo 2019, pameran properti jcc 2019, pameran indonesia properti expo 2019, menata rumah, menata rumah minimalis, rumah impian millenial, rumah impian, menata ruang kerja, menata ruang kerja di rumah, menata ruang kerja di kamar, menata ruang kerja di kamar mungil, kamar mungil
Suasana Indonesia Properti Expo 2019

Acara Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 kali ini merupakan yang ke - 18 kalinya diselenggarakan dimana Bank BTN telah menjadi sponsor tunggal guna penyediaan fasilitas kredit/pembiayaan KPR atau KPA.

Total pengembang yang berpartisipasi pada IPEX 2019 berjumlah 165 pengembang yang terdiri dari pengembang KPR Subsidi dan KPR Non Subsidi dengan total proyek properti sebanyak kurang lebih 650 proyek yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank BTN juga mempersembahkan banyak penawaran istimewa pada IPEX ini, diantaranya :
  • Suku Bunga KPR yang murah sebesar 6,99% fixed rate 1 (satu) tahun bekerjasama dengan pengambang pilihan.
  • Bebas biaya provisi dan administrasi
  • Uang muka ringan mulai dari 1 %
  • Diskon asuransi jiwa sebesar 20%
Bank BTN juga telah berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki hunian yang layak dengan fasilitas perbankan yang prima, sejalan dengan adanya program Sejuta Rumah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

Sehingga dengan adanya IPEX ini, diharapkan memudahkan masyarakat untuk melihat langsung serta membandingkan pilihan properti yang ada, baik dari sisi harga, lokasi. fasilitas dan kualitas bangunan.

Tak ingin ketinggalan informasi tentang Indonesia Properti Expo? Kuy ke media sosial IPEX 2019 https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo/ atau bisa ke https://inapex.co.id/
 
Hay temans Millenial, jadi masih semangat kan nabung buat beli rumah? Ehehe~

Saya pun baru mampu mempraktekkan ilmu mengenai Menata Ruang Kerja di Rumah. Dengan memanfaatkan sudut ruangan di kamar mungil saya.
jadwal indonesia properti expo 2019, jadwal pameran properti 2019, pameran properti 2019 jakarta, indonesia properti expo 2018, btn properti expo 2019, jadwal properti expo 2019, pameran properti jcc 2019, pameran indonesia properti expo 2019, menata rumah, menata rumah minimalis, rumah impian millenial, rumah impian, menata ruang kerja, menata ruang kerja di rumah, menata ruang kerja di kamar, menata ruang kerja di kamar mungil, kamar mungil

#2019PunyaProperti
#EnaknyaPunyaProperti


11 Responses to "Indonesia Properti Expo 2019, Mewujudkan Rumah Impian Millenial"

  1. Pengen banget punya investasi di properti. Secara, makin tahun harga properti makin meningkat. Siapa tau kan bisa jadi tabungan di masa depan.

    ReplyDelete
  2. Wah saya juga pingin nih Mbak bisa menata rumah seperti itu hihi

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget nih Mbak bisa datang ke acara Indonesia properti expo ini

    ReplyDelete
  4. Dengan begitu nggak perlu khawatir lagi nih ya Mbak meskipun rumahnya minimalis hihi

    ReplyDelete
  5. Keren banget nih Mbak designnya. Selain itu ternyata ada banyak ya desaign yang bisa digunakan

    ReplyDelete
  6. Kalau rumahku seperti itu mungkin aku nggak keluar rumah hihi. Soalnya betah wkwk

    ReplyDelete
  7. Wah ni yg sdg terjadi ma sy kak.. Barusan pindah ke rmh baru yg lbh mungil dr sblmnya. Biasa di rmh besar, biasa dg seabrek barang, tp begitu pindah ke rmh mungil, bingung mau dikemanain barang lainnya..alhasil karena rumah mungil lah kreasi bermunculan..intinya gimana cara menata byk brg tp menghabiskan space dr rmh mungilnya dan kelihatan cantik. Minimalis dan lega gt..heeee... Anyway keren acara #indonesiapropertyexpo nya ya..sukses buat semuanya..aamiin

    ReplyDelete
  8. Asik dede cakep mau menata rumah impiannya, hemm, tapi itu dekorasi kamarnya daku suka lihatnya.
    Kek apa yah di rumah impiannya dede cakep nanti, penasaran nih daku.

    ReplyDelete
  9. Wah disain rumahnya bikin nyaman nih, bisa betah ya dengan kondisi rumah sprt itu..

    ReplyDelete
  10. Jadi impian banget punya rumah, walaupun kecil kalau kita bisa menatanya pasti jadi cantik dan betah dirumah 😊

    ReplyDelete
  11. Meskinpunya rumah kecil, ternyata nyaman juga kalao ditata dengan rapih dan pakai aksesoris yang lucu2

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel