QR Code OttoPay di TrueMoney, Solusi Terbaik Ketika Lupa Membawa Uang Tunai

truemoney, ottopay, qr code, uang elektronik, digital money

Mungkin gak sih di era revolusi industri 4.0 ini kita bisa ke mana saja tanpa membawa uang tunai? Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai uang elektronik which is non-tunai. Sesuai dengan manfaat dari adanya industri 4.0.

Pada era revolusi industri 4.0 memang segalanya serba dipermudah ya. Mau naik ojek tinggal klik Handphone, mau makan tinggal klik handphone lagi, bahkan mau urut pun tinggal klik handphone seperti yang dilakukan oleh teman saya. Hehe.

Tak bisa dipungkiri bahwa industri 4.0 membawa banyak manfaat bagi kelangsungan hidup. Pun ada juga pasti kekurangannya. Yaa, seperti jodohlah. Ada kelebihan dan kekurangan. Kita mesti bisa menerimanya dengan lapang dada dan bisa menyiasatinya untuk kelangsungan hidup.
Contohnya saja dengan adanya digital money semacam TrueMoney. Ditambah lagi dengan adanya QR Code dari OttoPay di aplikasi TrueMoney, tinggal scan sudah bisa bertransaksi. Solusi terbaik untuk kita yang kerap lupa atau malas membawa uang tunai.

Berkenalan dengan TrueMoney

TrueMoney adalah layanan keuangan digital milik PT. Witami Tunai Mandiri, yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi seperti top up saldo, pembayaran tagihan, pembelian di merchant yang telah bekerja sama, dan transfer dana.
Setelah terlebih dulu hadir di Myanmar dan Kamboja, pada September 2015, TrueMoney hadir di Indonesia sebagai bagian dari Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri dengan fokus kepada masyarakat non-banking. Cocok banget nih gaes, buat saya atau mungkin kalian yang belum mempunyai rekening bank.

truemoney, ottopay, qr code, uang elektronik, digital money

Apalagi TrueMoney merupakan salah satu dari tiga besar uang elektronik yang digunakan di Thailand. Tidak hanya itu, untuk menarik kepercayaan penggunanya, Produk TrueMoney sudah memiliki izin penyelenggaraan e-money dan Penyelenggara Transfer Dana dari Bank Indonesia.

Layanan TrueMoney juga dapat digunakan untuk tarik tunai baik melalui Agen LKD (Layanan Keuangan Digital), transfer ke sesama pengguna TrueMoney atau ke pemilik rekening bank di seluruh Indonesia.

truemoney, ottopay, qr code, uang elektronik, digital money

Berkenalan dengan PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay)


PT. Reksa Transaksi Sukses Makmur (Ottopay) adalah perusahaan yang didirikan untuk menjadi Penyelenggara kegiatan pemrosesan pembayaran yang memungkinkan pedagang (merchants) untuk menerima transaksi pembayaran dari pengguna uang elektronik, pengguna dompet elektronik, nasabah branchless banking, nasabah kartu kredit, maupun nasabah pemegang kartu debit dengan metode pembayaran secara digital, antara lain dengan metode scan kode QR.

Saat ini Ottopay sudah melayani lebih dari 650.000 merchants di Indonesia dengan cakupan Jawa, Sumatera, dan Bali. Pada tahun 2019 OttoPay akan mengembangkan cakupannya ke pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Kemudahan Bertransaksi Menggunakan Aplikasi TrueMoney via QR Code di Merchant OttoPay


Kebetulan, pada Selasa 26 Maret 2019 saya bersama teman-teman Blogger TDB (Tau Dari Blogger) dan rekan media lainnya, berkesempatan hadir untuk menyaksikan peresmian kerja sama antara truemoney dan ottopay. Berlokasi di Grand Rubina Bussiness Park dimulai pukul 13:30 s/d 14:30.
truemoney, ottopay, qr code, uang elektronik, digital money
[Foto : Indri Blogger TDB]
Sesampainya di acara, terlihat ramai rekan-rekan media yang hadir untuk ikut serta meliput peresmian ini. Sebagai generasi millenial, tentu saya sangat antusias dengan adanya peluncuran terbaru ini. Wah iya dong, apalagi saya belum mempunyai rekening bank which is selama ini masih nebeng sama ayah. Hehe.

Jadi, PT. Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) sebagai salah satu aggregator penyedia pembayaran melalui QR Code bekerjasama dengan TrueMoney Indonesia dalam melakukan transaksi non-tunai menggunakan aplikasi TrueMoney di seluruh merchant yang bekerjasama dengan OttoPay.

Untuk kamu yang malas membawa uang tunai saat berpergian, jangan khawatir kalau sudah mempunyai aplikasi TrueMoney. Sebab kerjasama ini sangat menjadi solusi dalam bertransaksi setiap harinya. Lebih memudahkan pastinya. Tinggal scan, lalu masukkan nominal, dan tunjukkan bukti pembayaran ke kasir.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur TrueMoney Indonesia, Rio Da Cunha. Bahwa, pembayaran merchant sekarang lebih mudah untuk para pengguna TrueMoney. Agen atau member TrueMoney dapat melakukan transaksi di setiap merchant yang bekerja sama dengan OttoPay. Jadi, tidak hanya pengguna OttoPay saja yang bisa melakukan pembayaran non-tunai di merchant-merchant-nya tetapi bagi pengguna TrueMoney juga bisa. Cukup scan, masukkan nominal dan tunjukkan bukti pembayaran ke kasir.

Dengan adanya QR Code OttoPay dalam aplikasi TrueMoney sangatlah memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi di merchants OttoPay.

Caranya? Pelanggan cukup membuka aplikasi TrueMoney, pilih belanja, lalu klik OttoPay QR, selanjutnya scan QR Code-nya dan pembayaran pun selesai. Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan menggunakan scan QR Code OttoPay, seperti transaksi di merchant UMKM, modern merchant POS Integration maupun mesin EDC, selain itu bisa juga dilakukan di beberapa merchant website e-commerce. 

"Adanya kerjasama antara TrueMoney dan OttoPay menurut kami sangat bermanfaat. Karena kami tahu bahwa pengguna TrueMoney sudah tersebar luas di kota-kota Indonesia. Seperti yang diketahui, OttoPay merupakan jasa pembayaran non-tunai yang menggunakan QR Code dan sekarang hal tersebut juga bisa diakses oleh pengguna TrueMoney melalui aplikasi mereka. Beberapa merchant yang bekerjasama dengan kami yaitu KFC, Warunk Upnormal, Yogya Dept Store, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk e-commerce yaitu Elevenia," Tutup Grace Sunarjo selaku Direktur dari OttoPay. 
"Kalau bisa 100% pedagang Indonesia bisa menerima pembayaran digital. Hingga fokus OttoPay adalah ke seluruh bagian Indonesia kecuali Papua" (Cita-cita dari OttoPay)
Sesuai dengan fokus dari adanya kerjasama strategis antara TrueMoney dan OttoPay yakni dengan harapan bisa untuk membantu para UMKM. Berdasarkan fokus itu juga, pengajuan menggunakan QR Code untuk UMKM terbilang mudah. Dimulai dengan interaksi antara UMKM dengan petugas OttoPay yang berlangsung selama 10-15 menit selanjutnya sudah bisa terpasang QR Code-nya.

Jadi bagaimana, dengan adanya revolusi industri 4.0 semakin memudahkan aktivitas harian kan?! Tapi, tetap ya harus memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan terlena yang membuat diri malah jadi menurun produktivitasnya :)

truemoney, ottopay, qr code, uang elektronik, digital money
Tetap Produktif yaaa tshaaaaay :)

3 Responses to "QR Code OttoPay di TrueMoney, Solusi Terbaik Ketika Lupa Membawa Uang Tunai"

  1. wah semakin banyak ya digital money begini. saya juga males banget ngeluarin uang cash. paling males buka dompet. hehehe, kalau ada true money semuanya serba praktis.

    ReplyDelete
  2. Yeay! Ga perlu repot bawa dompet dan banyak kartu nih. Cukup 1 aplikasi ajah

    ReplyDelete
  3. TrueMoney ini sangat membantu ya, bisa dipakai di banyak merchant lagi, mantap!

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel