Pengalaman Memanah di Pondok Indah Archery Club

Pengalaman Memanah di Pondok Indah Archery Club - Olahraga panahan belakangan ini sudah mulai banyak pecintanya. Mulai dari anak kecil hingga orang tua. Dan saya merupakan salah satu dari mereka yang menyukai olahraga panahan.
teknik panahan, olahraga panahan, peralatan panahan dan fungsinya, harga panahan, jenis panahan

Pengertian panahan dan pandangan dalam Islam

Pengertian panahan atau dalam bahasa inggris-nya Archery, adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Dalam islam, selain olahraga berkuda dan berenang, panahan termasuk juga olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW. Sejak lama, para ilmuwan Islam mengatakan bahwa memanah merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan dan dipelajari lebih jauh agar mebawa hasil yang lebih baik dan sempurna.
"Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah," (HR Bukhari Muslim)
"Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)." (HR Muslim)

Pastinya olahraga panahan yang dianjurkan Rasulullah SAW mempunyai banyak manfaat. Diantaranya :

  1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan
  2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari
  3. Membangun kekuatan tubuh
  4. Meningkatkan kesabaran
  5. Meningkatkan fokus
  6. Membangun kepercayaan diri
  7. Merupakan olahraga sosial
  8. Merupakan bentuk latihan kebugaran
  9. Merelaksasi tubuh
  10. Merupakan olahraga yang dapat dimainkan semua orang

Pengalaman Pertama Saat Memanah

Saya sendiri untuk kali pertama mencoba memanah pada bulan Januari 2018 saat ada acara di Pantai Tanjung Tum Anyar. Saat itu saudara saya yang bernama Fikri melihat ada panahan, dan dia memberitahu saya, dengan sangat antusias saya ingin mencobanya.

Gimana kesannya kali pertama mencoba? Alhamdulillah terjawab sudah rasa penasaran saya pada panahan. Diperlukan teknik-tekniknya yang benar, mulai dari memegang busur panah, memasang anak panah, sampai melepaskan anak panah. Pada saat itu saya hanya memanah sebanyak 3x, karena setiap peserta dibatasi dengan 3 anak panah.
Rasa ketagihan ingin merasakan panahan kembali ada dalam benak saya. Namun, belum kesampaian sampai beberapa bulan.

Memanah di Pondok Indah Archery Club

Alhamdulillah pada hari minggu 5 Agustus 2018 kemarin saya mendapat kesempatan bersama ketiga rekan dari komunitas #TDB (Tau Dari Blogger) untuk mengikuti trial panahan yang berada di Pondok Indah Jakarta Selatan dengan alamat lengkap Pondok Indah Archery Club PIAC Jl. Duta Niaga II No.corner, RT.6/RW.14, Pondok Indah, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 15412.


Pondok Indah Archery Club recommended sekali untuk kalian yang ingin rutin belajar panahan. Baik pemula atau pun yang sudah pernah, dari usia anak-anak sampai orang tua. Selain tersedia perlengkapan panahan dengan lengkap beserta alat pelindungnya, kalian juga akan diajarkan teknik panahan dengan sangat detail.

Pondok Indah Archery Club ini sudah ada sejak bulan September 2017 lalu. Bapak Fadian sebagai kordinator dan dengan 3 coach yaitu coach Doni, coach Fatra, dan coach mahar.

Pondok Indah Archery Club merupakan tempat latihan olahraga memanah yang memiliki jam latihan seperti di bawah ini :
  • Sabtu :  09:00-10:00, 10:00-11:00
  • Minggu : 08:00-09:00, 09:00-10:00, 10:00-11:00 
  • ( Setiap peserta mendapat kesempatan belajar memanah seminggu sekali selama satu jam (Satu bulan 4x latihan). Bisa merubah jam latihan, namun harus mengabarkan terlebih dulu kepada pengurus.)
Lalu, soal biaya pelatihan di Pondok Indah Archery Club terbilang sangat terjangkau. Ada biaya pendaftaran sebesar 100.000 dan biaya bulanan 200.000 (Untuk 4x latihan memanah) untuk setiap orangnya. Biasanya ada pertanyaan "Dibatasin gak setiap latihan untuk anak panahnya?" dan jawabannya tidak dibatasi, hanya saja disediakan 6 anak panah, jika 6 anak panah sudah terpakai selanjutnya pengambilan anak panah dan bisa memanah kembali. Jadi sehabisnya jam latihan saja.

Dari trial panahan yang saya ikuti di Pondok Indah Archery Club, saya mendapatkan pengetahuan tentang teknik-teknik memanah yang belum saya ketahui sebelumnya. Mulai dari memasang anak panah, posisi badan saat memanah, sampai teknik mengambil anak panah. Semua ada tekniknya guys~

Sebelum memulai panahan, kami terlebih dahulu memakai alat pelindung yang telah disediakan oleh Pondok Indah Archery Club. Yaitu Arm Guard (Pelindung lengan) dan Finger Tab (Pelindung tangan penarik). Alat pelindung telah terpakai, selanjutnya kita pemanasan dengan menggerak-gerakkan jemari dan lengan.
cara membuat finger tab, harga finger tab, finger tab panahan, harga finger tab panahan, finger tape
Pelindung tangan penarik [Foto : Dok.Pribadi]

arm guard panahan, arm guard cartel, arm guard tokopedia, jual arm guard
Pelindung Lengan [Foto : Dok.Pribadi]

Teknik Memanah


Dan inilah saatnya dimulai, kita terlebih dahulu diberi tahu teknik-teknik memanah. Mulai dari sikap berdiri (Stand) kalau kata Bapak. Fadian menghadap lurus ke depan seperti menghadap kiblat menyampingi bantalan target 90%. Memasang ekor panah di nock point (Nocking) busur diarahkan ke bawah. Lalu hooking, dengan cara tangan diluruskan ke bawah. Selanjutnya angkat busur (Set Up). Lalu tarik (fulldraw). Dan terakhir release (Melepas).
teknik panahan, olahraga panahan, peralatan panahan dan fungsinya, harga panahan, jenis panahan
Inilah 3 Srikandi Memanah [Foto diambil oleh #TDB]

teknik panahan, olahraga panahan, peralatan panahan dan fungsinya, harga panahan, jenis panahan
Saat hooking [Foto diambil oleh #TDB]

Menurut Coach Fatra, tips memanah yang baik adalah harus tenang dan memperhatikan teknik juga penting. Jadi kalau sedang memanah mesti tenang ya guys, jangan terburu-buru.

Alat Panahan yang dipakai Pondok Indah Archery Club disupport oleh Cartel, Junxing, Toppoint, Sanlida, Easton, dan Elong.
teknik panahan, olahraga panahan, peralatan panahan dan fungsinya, harga panahan, jenis panahan
Anak panah dan Busur Panah yang kami pakai [Foto : Dok.Pribadi]

Ternyata mencabut anak panah pun ada tekniknya guys. Pertama, kita perhatikan dulu area belakang badan kita saat akan mencabut anak panah, apakah ada orang atau tidak. Jika tidak, berarti aman dan boleh mulai mencabut anak panah dengan cara tangan kanan menahan bantalan target dan tangan kiri mencabut anak panah dari bantalan target atau sebaliknya. Seperti gambar di bawah ini.
teknik panahan, olahraga panahan, peralatan panahan dan fungsinya, harga panahan, jenis panahan
Saya saat mencabut anak panah [Foto diambil oleh Kak Rismayani.id]

Jarak Lintasan Panahan


Untuk jarak lintasannya sendiri, berdasarkan info yang saya dapat dari Coach Mahar adalah 5 meter dan 10 meter untuk pemula, sedangkan untuk turnamen mulai dari 20 meter, 30 meter, 40 meter, hingga 70 meter. Wow lumayan jauh juga ya guys~

Informasi di atas saya dapatkan dari Kordinator maupun Coach dari Pondok Indah Archery Club. Sebagai orang yang baru mencoba memanah, tentunya belum mengetahui secara keseluruhan dari olahraga panahan. Jadi informasi di atas hanya berdasarkan sepengetahuan orang yang baru mencoba memanah aja ya guys. Mungkin yang membaca artikel ini ada yang lebih mengetahui, bisa sharing di kolom komentar ya.
teknik panahan, olahraga panahan, peralatan panahan dan fungsinya, harga panahan, jenis panahan
Bpk. Fadian selaku kordinator sedang mempraktekkan panahan [Foto : Dok.Pribadi]

Untuk kalian yang ingin mengikuti latihan memanah di Pondok Indah Archery Club, bisa menghubungi kontak :
  • Bpk. Fadian MP (Kordinator) : 08558855555
  • Coach Donny (Pelaksana) : 08788076747
  • Coach Fatra (Pelaksana) : 089652448461
  • Coach Mahar (Pelaksana) : 08563320931
Bisa juga langsung kunjungi FP dari Pondok Indah Archery Club : https://web.facebook.com/pondokindaharchery/

Dari pada memanah hati dia yang ga peka, mendingan kamu olahraga panahan sesuai anjuran Rasulullah SAW. InsyaAllah bermanfaat, niatkan untuk keberkahan.

7 Responses to "Pengalaman Memanah di Pondok Indah Archery Club "

  1. Pengalaman pertama selalu mengesankan..... salam olaholah buat Srikandi

    ReplyDelete
  2. Aww.. .Dari dulu aku pengen nyoba olahraga ini, tapi gak punya referensi tentang tempat atau range harganya. Kufikir jauh dari rumah dan harganya mahal. Eh ternyata ada di pondok indah jakarta selatan. Dan harganya terjangkau. . Cuus ah cuus nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kak klo gitu :) Siiip selamat memanah kak Shin :)

      Delete
  3. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! keep up the good work... children compound bow

    ReplyDelete
  4. Kalau mau latihan play&play ( hoby) saja bisa tidak? Brp biaya masuknya? hari apa saja? Tks

    ReplyDelete
  5. Thank you for what you are sharing very helpful.
    Best regards,
    Jerry Gonzalez adventurefootstep

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel