Jembatan Berendeng, Ikon Baru Kota Tangerang

Rasanya tak habis kalau berbicara mengenai kota seribu industri serta sejuta jasa yaitu Kota Tangerang. Ditambah lagi semakin berkembangnya kota ini! Ikon-ikon baru yang dihadirkan oleh pemerintah setempat menjadi saksi atas perkembangan kota Tangerang. 

Jembatan Berendeng, salah satu ikon baru kota Tangerang yang telah diresmikan secara langsung operasionalnya oleh Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama dengan Wakil Wali Kota Sachrudin. Jembatan dengan lebar 13 meter serta bentang sepanjang 120 meter ini menjadi penghubung antara wilayah Benteng Makasar di Kecamatan Tangerang dengan wilayah Gerendeng di Kecamatan Karawaci. [Tangerangkota.go.id]

Jembatan Berendeng
[Terlihat dari bawah Jembatan Berendeng. Foto diambil oleh Ka Izzatul]

Salah satu tujuan dibangunnya jembatan berendeng ini yaitu untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Daan Mogot dan Ks Tubun. Jembatan yang dibangun dengan nilai kontrak tak kurang dari 33 Milyar rupiah ini dilengkapi dengan flying deck atau beranda terbang yang terbuat dari kaca pada bilah sisi kanan dan kiri di pertengahan Jembatan Berendeng yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengabadikan momen di atas sungai Cisadane dengan sensasi yang berbeda. [tangerangkota.go.id]
Jembatan Berendeng
[Jembatan Berendeng. Foto diambil oleh saya]

Akhir pekan tentunya menjadi hari pilihan bagi masyarakat untuk rekreasi dan berolahraga jalan pagi atau jalan sore. Nah, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Jembatan Berendeng ini ditutup untuk dijadikan sebagai lokasi rekreasi dan car free day saat Sabtu sore hingga Minggu sore tiba.

Melihat desain yang sangat instagramable tentu saja menjadikan setiap pasang mata yang sedang berada di lokasi Jembatan Berendeng ingin untuk mengambil foto pada setiap sudutnya yang unik. Salah satunya saya, mendatangi Jembatan Berendeng ini dengan antusias pada siang hari di hari Senin kemarin.

Karena datang pada hari selain Sabtu sore sampai Minggu sore, itu berarti Jembatan Berendeng ini ramai kendaraan yang melintas. Alhasil pengambilan foto yang apa adanya dengan background kendaraan yang sengaja lewat (Iyalah ya sengaja lewat sana kan? :D). Tapi tetap ciamik kok hasilnya!

Dimulai dari Desain jembatan yang berwana-warni yakni didominasi oleh warna biru, kuning, merah dan hitam. Dilengkapi dengan beberapa tiang lampu berwarna hitam yang unik, saya dan sang kakak mulai memotret-motret Jembatan Berendeng. Kesan apa yang muncul di benak saya mengenai Jembatan yang satu ini? Seperti Disney Land! Wkwk, sudahlah nikmatin saja.
Jembatan Berendeng
[Menunggumu Di Atas Jembatan Berendeng. Foto diambil oleh Ka Izzatul]

Jembatan Berendeng
[Suasana Jembatan Berendeng saat hari kerja. Foto diambil oleh saya]

Lalu mengenai Flying Deck atau beranda terbang yang terbuat dari kaca pada bilah sisi  kanan dan kiri di pertengahan jembatan. Beneran aseli ini keren, apalagi kalau berdirinya di samping kamu! *YailahMar. Adanya peringatan yang bertuliskan "Alas kaki harap dilepas!" adalah Untuk menjaga kebersihan dan kerapihan flying deck dari kaca ini, terutama agar flying deck tetap terpelihara. Sehingga masyarakat selalu dapat merasakan sensasi saat menikmati udara segar sungai cisadane di atas flying deck kaca ini.
Flying Deck Kaca di Jembatan Berendeng
[Flying Deck dari Kaca. Foto diambil oleh saya]

Flying Deck Kaca di Jembatan Berendeng
[Flying Deck dari Kaca. Foto Diambil Oleh Saya]

Oh ya, ada juga menara berwarna merah yang bisa kita naiki untuk melihat pemandangan sekitar Jembatan Berendeng. Terdapat 4 menara yakni 2 pada bilah sisi kanan dan 2 kiri Jembatan Berendeng. Yang menariknya adalah ukirannya yang unik, sangat cocok untuk dijadikan background berfoto ria.
Jembatan Berendeng
[Saat Melihat Kamu Melintas. Foto Diambil Oleh Ka Izzatul]

Jembatan Berendeng
[Kamu yang Paling Oke. Foto Diambil Oleh Ka Izzatul]

Terdapat beberapa tempat sampah di sudut Jembatan Berendeng. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan! Bukankah lebih nyaman jika tempat rekreasi senantiasa rapih dan bersih?
Jembatan Berendeng
[Tempat Sampah yang sedang Menanti. Foto Diambil oleh Ka Izzatul]

Saat berada di puncak Jembatan Berendeng, saya merasa dapat memandangi awan yang indah dengan jelas. Mungkin karena tempatnya yang terbilang lebih tinggi dari dataran yang lainnya di sekitaran Jembatan Berendeng. Sangat recomended untuk tempat rekreasi bersama orang tersayang.

Tangerang, ada kata yang tidak bisa aku ungkapkan.
Ketika Kota ini menjadi saksi.
Saksi atas getirnya kehidupan.
Saksi atas kisah-kisah rakyatnya.
Semua pasti memiliki kisah di Kota yang pernah disinggahinya ini.
Cinta, satu hal yang menemani perjalanan kisah hidup di Kota ini.
Menyemangati keterpurukan yang hadir.
Tuhan jagalah Kota ini agar tetap berdamai dengan rakyat kecil sepertiku.
Ikon demi ikon yang dibangun oleh pemerintah Kota Tangerang semakin menjadikan Kota ini berkesan. Semakin mendukung kami khususnya yang senang berekreasi sambil berkreasi dan melahirkan karya. Iya, kami pecinta Traveling, Photography, Videography, dan terakhir bagi kami yang senang berkata dalam sebuah karya.

Jika kelak aku merantau dan meninggalkan Kota ini, ingatlah Tangerang bahwa aku pernah mencintaimu dengan berkarya. Menuliskan kata demi kata dengan hati mengenai Kota di mana aku dibesarkan. Seperti perkataanku, bahwa kamulah Kota yang menjadi saksi atas lika-liku kehidupanku.

Karena aku hanyalah wanita muda yang sedikit cemas banyak rindunya dalam berkarya. Iya layaknya lyric pada lagu milik "Payung Teduh".

9 Responses to "Jembatan Berendeng, Ikon Baru Kota Tangerang "

  1. sumpeeh kayak di luar negri kece badaiii..
    full colours gitu..
    dekorasi lampu sepanjang jalan jembatannya itu loh berasa di eropa..

    ReplyDelete
  2. Waaaah iyaa mbaa.. kapan-kapan maen atuh ke sini.. hehe

    ReplyDelete
  3. Jembatannya warna-warni baguss yaa, kapan nih aku bisa foto di sini, hehehehe :)).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa warna-warni bikin ceria mba. Heheh. Semoga next time bisa ke sini dan foto-foto yaa mba.. hehe

      Delete
  4. flying deck dari kaca kok penasaran dan kayaknya serem kalo ngeliat kebawah ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mas klo yg takut dgn ketinggian mungkin terlihat seram. Tapi seru kok :)

      Delete
  5. Saya pernah lewat jembatan ini,cuma tidak terlalu memperhatikan (kurang peka) eh tau-tau di pinggiran nya ada kaca gtu.. keren jg ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa keren Flying Deck Kacanya.. hihi..
      makasi sudah berkunjung ...

      Delete
  6. bagus sekali jembatan berendeng, apalagi dilengkapi dengan flying deck karena masih jarang atau belum ada yah di tempat lain. Semoga tetap bisa menjaga jembatan tersebut agar kondisinya tetap baik.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel