-->

Dunia Aplikasi Live Streaming

Berkenalan dengan Dunia Aplikasi Live Streaming - Halo Readers! Gak terasa ya, kita hidup berdampingan dengan pandemi sudah memasuki satu setengah tahun. Banyak banget pelajaran hidup yang datang silih berganti. Tak terhitung berapa kabar duka yang kita terima, banyak kerabat yang pergi mendahului kita dan banyak sekali kerabat yang kehilangan orang yang disayanginya. Jujur, sedih banget pas ngetik ini. :’(

Ogut yakin, Readers semua sudah sangat kuat untuk melewati masa-masa selama pandemi. Terima kasih ya, karena sudah kuat menghadapinya. Selanjutnya, mari kita terus menjalani hidup.

Berkenalan dengan Dunia Aplikasi Live Streaming

DUNIA APLIKASI LIVE STREAMING


Readers, kali ini Ogut ingin sharing perihal dunia aplikasi live streaming yang baru Ogut kenal semenjak awal pandemi. Sebenarnya masih banyak sekali hal yang mesti Ogut pelajari dalam dunia live streaming ini, Ogut sharing berdasarkan pengetahuan Ogut ya Readers. Jadi jika Readers mempunyai masukan, bisa banget berbagi di kolom komentar. 

Berdasarkan wikipedia, Live Streaming mengacu pada media streaming online yang direkam dan disiarkan secara bersamaan secara real-time. Jadi yang menonton bisa memberikan tanggapan pada kolom chat pada waktu bersamaan.

Streaming dan live streaming merupakan dua hal yang berbeda. Kalau streaming adalah menonton siaran yang bisa ditonton berulang kali, sedangkan live streaming adalah menonton siaran secara langsung menggunakan internet melalui website atau aplikasi. 

Nah, yang ingin Ogut bahas pada artikel kali ini adalah live streaming yang tersedia pada aplikasi yang ada di playstore maupun app store. Ada dua jenis live streaming, yakni Live Video Streaming dan Live Audio Streaming. 

Live Audio Streaming 

Live Audio streaming merupakan siaran langsung yang berupa audio atau suara di mana pendengar bisa memberikan tanggapan di kolom chat pada waktu yang bersamaan. Orang yang melakukan live audio streaming biasanya disebut penyiar sedangkan yang mendengarkannya disebut pendengar atau listeners.

Tepatnya saat bulan puasa tahun 2020, Ogut dikenalkan oleh salah seorang teman dengan aplikasi live audio streaming. Mungkin Readers pernah mendengar atau menggunakannya juga, namanya Spoon Radio.  

Saat download aplikasi tersebut, belum ada bayangan bagaimana aplikasinya karena memang belum pernah download aplikasi live streaming. Yaa.. Spoon Radio adalah aplikasi live audio streaming pertama yang Ogut download.

Begitu Ogut download aplikasi Spoon Radio live audio streaming, lalu diikuti dengan pembuatan akun. Selanjutnya Ogut penasaran untuk mengotak-atik aplikasinya. Langkah awalnya yaitu dengan melihat-lihat fiturnya. 

DUNIA APLIKASI LIVE STREAMING
Profil di Aplikasi Spoon Radio
 
Pastinya yang utama dari aplikasi live audio streaming adalah room-nya (tempat di mana penyiar live dan pendengar bisa bergabung ikut mendengarkan serta bisa memberikan tanggapan di kolom chat dan mengapresiasi dengan memberikan gift). 

Lalu Ogut nyoba masuk ke salah satu room yang ada di aplikasi live audio streaming itu. Yakni room dengan tema Dilan. Iya cerita dari Bandung yang sedang ramai beberapa tahun ke belakang. Wah benar-benar niat sih livenya, suara dan logatnya mirip Dilan banget!

Kurang lebih roomnya berisi seperti sapaan kepada listeners, gombalan-gombalan untuk user yang masuk ke room tersebut, dan tentunya perkenalan antar user

Readers, di Spoon Radio aplikasi live audio streaming banyak pilihan room dengan berbagai konten. Ada konten edukasi, nyanyi, akustikan, sajak, motivasi, sharing, atau sekadar ngobrol santai. Pokoknya, benar sekali sih kalau aplikasi live streaming bisa banget buat menunjukkan bakat yang kita punya, atau bahkan menemukan bakat yang terpendam selama ini. Hehe.
 
Pada bulan pertama bermain aplikasi Spoon Radio, Ogut belum berani untuk membuka live sehingga Ogut hanya menjadi listeners saja pada room-room yang memang welcome sama user pemula.

Sebelumnya Ogut tidak tahu, kalau user yang bermain aplikasi Spoon Radio ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Ogut kira users-nya hanya dari Tangerang saja sesuai daerah Ogut saat ini, ternyata dari Sabang sampai Merauke cuy. 

Kaget banget sih pas ada yang ngasih tau bahwa beliau stay atau tinggal di Kalimantan. Sampai Ogut bilang "Masa sih dari Kalimantan? Jauh banget!" Wkwk. Malu banget kalau ingat pas awal-awal berselancar di Spoon Radio Aplikasi Live Audio Streaming.

Akhirnya setelah sebulan berkeliling dari satu room ke room lainnya, dan memperhatikan cara DJ (Sebutan penyiar di Spoon Radio) siaran di Spoon Radio Aplikasi Live Audio Streaming, Ogut memberanikan diri untuk membuka room atau live. 

Awalnya nervous banget pas buka room. Setelah 30 menit siaran, mulai terbawa suasana dan enjoy. Kerasa banget moodnya pas live, apalagi Ogut tipe orang yang kepoan gitu kan klo ada hal baru, bertambahlah sudah antusias untuk berselancar di Spoon Radio Aplikasi Live Audio Streaming. 

Akhirnya selama kurang lebih 3 bulan Ogut menghabiskan banyak waktu di Spoon Radio Aplikasi Live Audio Streaming. Benar-benar jadi kenal dunia baru yang seru banget! Hampir setiap hari Ogut live dan membuka room, menghilangkan rasa jenuh selama di rumah aja dengan berkomunikasi melalui aplikasi ini. Jadi punya banyak teman baru dari berbagai daerah, meskipun hanya sebatas virtual tapi seru aja karena jadi bisa tahu informasi mengenai daerah masing-masing. 

Nah, setelah sekitar 2 bulan Ogut aktif live di Spoon Radio Aplikasi Live Audio Streaming, ada salah satu listeners yang request agar Ogut membaca sajak. Iyaa sajak! Jujur ya, Ogut belum pernah membaca sajak dan didengar oleh orang baru. Awalnya Ogut gak mau, tapi ya setelah dipikir-pikir gak ada salahnya dicoba dulu. 

Akhirnya untuk kali pertama pada live malam itu Ogut membaca sajak dari salah satu buku yang Ogut miliki. Dan alhamdulillah mendapat apresiasi dari yang request, sampai-sampai beliau menyarankan Ogut untuk membaca salah satu puisi dari Kahlil Gibran. Dan Ogut pun mencobanya.

Gak nyangka sih, melalui aplikasi live audio streaming ini Ogut bisa menemukan hal baru seperti kegiatan membaca sajak yang beberapa kali sudah Ogut upload di Channel Youtube Ogut. Salah satunya seperti video di bawah ini.

Benar ya, aplikasi itu fungsinya sesuai bagaimana kita memanfaatkannya. Nah kalau Ogut rangkum, berikut manfaat dari bermain Aplikasi Live Audio Streaming versi Ogut :

  • Menemukan teman baru dari background dan wilayah yang berbeda-beda sehingga kita bisa menambah wawasan.  
  • Melatih public speaking. Ini sudah pasti ya Readers, karena saat live mau tak mau kita mesti berbicara dan menarik perhatian listeners.
  • Melatih dan menemukan keterampilan baru. Seperti cerita Ogut tadi, yakni membaca sajak.
  • Mendapat penghasilan. Nah kalau yang ini kita bisa dapatkan dari gift yang diberikan oleh listeners saat kita sedang live. Jadi gift tersebut bisa dicashout atau diuangkan.
  • Menghilangkan kegabutan yang melanda. Wkwk ini relate banget sih! Saat di rumah saja tuh kadang suka gabut gak sih? 
Sayangnya, Spoon Radio Aplikasi Live Audio Streaming sudah tidak bisa diakses lagi memakai server Indonesia, alias sudah tutup. Huhu mengsedih, karena banyak banget sih kenangannya di aplikasi itu.

Live Video Streaming

Readers, Ogut aktif bermain aplikasi Spoon Radio tidak terlalu lama, aktifnya hanya sekitar 3 sampai 4 bulan saja. Setelah itu ya buka Spoon Radio ketika memang sedang sempat saja. Karena saat itu sekitar akhir bulan November 2020 sudah disibukkan dengan aktifitas yang baru, yakni menjadi seorang creator sekaligus host di aplikasi Likee App. Mungkin ada yang bermain aplikasi ini juga, yuk bisa sharing ya di kolom komentar.

Host merupakan orang yang membawakan live video streaming. Live Video Streaming sendiri merupakan siaran langsung yang berupa video di mana pendengar bisa memberikan tanggapan di kolom chat pada waktu yang bersamaan.

Jadi, begini awal mula ceritanya. Pada suatu momen Ogut sedang membuka instagram story teman-teman Ogut, nah teman instagram Ogut yang bernama Mrs Khari posting yang kurang lebih isinya seperti ini "Yang ingin mempunyai penghasilan dari membuat video Likee, DM ya." Kebetulan banget Ogut suka bikin short video macam di likee. Tanpa ragu langsung Ogut balas insta story dari Mrs Khari.

Selanjutnya berpindahlah komunikasi kami ke whatsapp dan kemudian dikenalkan ke admin agency. Yang berlanjut pada pemberian informasi lebih detailnya seperti apa. 

Saat itu Ogut tidak kepikiran untuk menjadi Host, niat awal Ogut daftar agency ya untuk menjadi Creator-nya saja. Tapi saat itu Admin Agency menyarankan untuk sekalian menjadi Host karena ada beberapa keunggulan jika creator juga merupakan seorang Host. 

Akhirnya setelah Ogut pertimbangkan, memutuskan untuk mengikuti arahan Admin Agency, yakni menjadi Host sekaligus Creator di Likee App. Lumayan juga penghasilannya jadi double. Wkwk.

Sebelumnya, Ogut bersama rekan-rekan Host baru lainnya ikut training terlebih dahulu yang diadakan oleh pihak agency. Sehingga ada gambaran bagaimana saat live nantinya. Gak sampai di situ sih, sebelum Ogut live sudah beberapa kali mampir ke live Mrs Khari yang membawakan konten kuis dengan keseruannya. Aseli seru banget klo masuk ke room beliau! 

Dari sana Ogut mencoba memahami bagaimana cara live, bagaimana menyapa viewers (orang yang menonton live kita), bagaimana fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, dan bagaimana live saat membawakan konten. 

Sampailah pada momen di mana Ogut membawakan live video streaming untuk kali pertama, pertama banget nih, first! Deg-degan sudah pasti ya Readers, maklum newbie. Untungnya teman-teman agency pada care dan masuk untuk memberikan arahan lewat typingan dan salah satu admin ikut naik untuk menjelaskan.

Pas pertama live video streaming itu lucu banget, pengen ngakak lihat muka sendiri. Wkwk. Maklum ya, video call an aja belum pernah yang sampai 30 menit. Seringnya selalu nolak saat diajak video call. Lah ini berjam-jam lihat muka sendiri depan kamera. Untungnya ya ada filter yang ngebantu tampilan wajah biar mendingan. 

Terus tantangan banget sih jadi Host Live Streaming, karena klo kita gak suka sama sesuatu itu pasti kelihatan kan di kamera. Apalagi Ogut tipe orang yang gak bisa pura-pura baik-baik saja saat sedang gak suka sama sesuatu. Jadi mesti bisa jaga mood biar bagus terus selama live agar viewers nyaman dan juga enak melihat kita membawakan live. 

DUNIA APLIKASI LIVE STREAMING
Tampilan saat live video streaming di Likee App

DUNIA APLIKASI LIVE STREAMING
Tampilan saat live audio streaming di Likee App
 

Nah, tips nih dari Ogut agar mood bagus saat live, yakni usahakan Readers sudah mandi dan harum karena kalau kita harum otomatis pembawaan kita live juga jadi bagus auranya. Terus usahakan pakai baju, celana, kerudung, topi, atau pun aksesoris yang bikin kita nyaman dan PD. Jadi, sebelum benar-benar live ngaca-ngaca dulu depan kamera, apakah yang kita pakai sudah bagus dan nyaman. Nah kalau Ogut biasanya make up dikit-dikit atau mungkin full biar naikin mood juga selama live. Tapi kalau soal make up beda-beda sih ya, ada yang tanpa make up PD aja dan ada yang dengan memakai make up malah nambah moodnya. 

Dari Likee App, Ogut jadi mengenal banyak Host berbakat, ada yang membawakan konten menyanyi, make up, kuis, mukbang, explore horor, chit chat, game, dll. 

Nah, Likee App juga sering mengadakan event untuk Host menunjukkan bakatnya. Jadi, pas banget sih kalau Readers ingin menunjukkan bakat melalui aplikasi live video streaming ini. 

DUNIA APLIKASI LIVE STREAMING
Mengikuti salah satu event dari Likee App yakni Rising Star
 

Keuntungan Menjadi Host Likee App Live Video Streaming menurut versi Ogut adalah :

  • Menambah teman dengan background yang berbeda-beda, bisa banget menambah wawasan plus skill karena tak jarang, Host lain memberikan tutorial saat sedang live.
  • Melatih rasa percaya diri di depan kamera. Ini pastinya ya Readers, karena setiap live pasti menampilkan wajah.
  • Melatih Public Speaking. Sudah pasti public speaking kita terlatih saat sedang membawakan live.
  • Menunjukkan bakat yang telah dimiliki kepada lebih banyak orang. 
  • Mendapat penghasilan. Nah kalau menjadi Host di Likee App penghasilan yang didapat dari gift dan bonus. 
  • Menghilangkan kegabutan yang terkadang melanda saat di rumah saja. Hehe lagi-lagi ini. 
Saat ini dan sudah berlangsung beberapa bulan Ogut vakum menjadi Host Live Video Streaming di Likee App, jadi hanya fokus menjadi creator-nya saja. Yang mau temanan bisa difollow ya akun Ogut @diiyyah
DUNIA APLIKASI LIVE STREAMING

 
Oke baiklah Readers, seperti itu sharing Ogut kali ini mengenai Dunia Aplikasi Live Streaming. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


3 Responses to "Dunia Aplikasi Live Streaming "

  1. Ada dunia aplikasi live streaming baru tahu mirip tik tok ya tampilannya, tapi malah lebih mudah. Jadi pengin coba.

    BalasHapus
  2. Baru tahu tentang aplikasi ini, banyak juga manfaatnya, terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  3. METODO RESULTADO focado em resultado IMEDIATO aplique todo conhecimento e voce pode fazer venda ainda hoje

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel