-->

Review Buku Pas Butuh Pas Ada, Bijak Mengelola Keuangan Keluarga

Review Buku Pas Butuh Pas Ada
 

Review Buku Pas Butuh Pas Ada - Bijak Mengelola Keuangan Keluarga - Readers, kerasa banget gak sih pada masa pandemi gini ekonomi sangat tidak stabil. Perlu banget bijak mengelola keuangan keluarga dan perlu banget memiliki dana cadangan maupun dana darurat saat kondisi seperti ini. 


 

Salah satu pelajaran penting yang bisa kita ambil dari pandemi adalah perlunya merencanakan keuangan dengan sebijak mungkin. Nah, marudiyafu.com kali ini ingin sharing mengenai review dari buku yang berjudul Pas Butuh Pas Ada - Bijak Mengelola Keuangan Keluarga yang merupakan buku kedua dari Ditto Santoso. Daging banget bukunya!  Sebagai anak muda plus calon ibu rumah tangga, beruntung banget bisa baca sekaligus memahami buku yang satu ini.

Setuju dong kalau kehidupan ini tak lepas dari transaksi keuangan? Sehingga menjadi hal pasti, kita mengelola keuangan setiap harinya. Akan menjadi sia-sia jika kita sudah bekerja keras untuk mengumpulkan uang tetapi cara mengelolanya salah. Oleh sebab itu peranan merencanakan pengelolaan keuangan menjadi hal penting dalam kehidupan ini. 

Review Buku Pas Butuh Pas Ada

 

Mencari uang lebih banyak tidak akan menyelesaikan masalah jika pengelolaan arus kas Anda masih bermasalah. - Robert Kiyosaki

Penting banget sih mengajarkan kepada seorang anak sejak dini untuk bijak dalam mengelola keuangan. Karena pengelolaan keuangan merupakan salah satu aspek kehidupan individu maupun keluarga. PR banget buat calon Ibu Rumah Tangga perihal urusan yang sangat penting seperti ini! *Nunjuk diri sendiri

Review Buku Pas Butuh Pas Ada

Pas Butuh Pas Ada, beruntung sih kalau mengalami fase seperti itu. Tapi beda cerita, kalau pas butuh malah engga ada. Sudah pasti pusing mencari jalan keluar. Nah untuk itu, sebaiknya merencanakan pengelolaan keuangan, agar pas butuh memang sudah direncanakan dananya. Bijak Mengelola Keuangan Keluarga!

Buku Pas Butuh Pas Ada - Bijak Mengelola Keuangan Keluarga yang terdiri dari 113 halaman menyajikan kumpulan tulisan mengenai pengelolaan keuangan keluarga, serta sekilas  tentang bagaimana menjadi anggota credit union sehingga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan individu maupun keluarga. 

Sebagian tulisan dalam buku Pas Butuh Pas Ada pernah dimuat dalam beberapa penerbitan credit union, sementara sebagian lagi merupakan sharing yang disirkulasikan dalam grup Whatsapp anggota credit union yang mana penulis terlibat sebagai pengurus. Kumpulan tulisan di dalam buku ini diolah dari hasil pengalaman dan pembelajaran penulis dalam mengelola keuangan keluarga maupun hidup ber-credit union.

 

Kali pertama mendapat kabar mengenai kesempatan untuk mereview buku Pas Butuh Pas Ada ini, senang banget! Soalnya memang pas butuh banget ilmu tentang pengelolaan keuangan. Selain untuk pribadi juga persiapan nanti menuju jenjang pernikahan. Meskipun belum tampak kapan nikahnya, tapi namanya persiapan mesti ada kan? Hehe. Bukankah untuk menikah, kita mesti selesai dulu dengan urusan pribadi?!

Mungkin ini yang namanya beruntung dan PAS! Iya, buku Pas Butuh Pas Ada ini benar-benar menyuguhkan ilmu agar bijak mengelola keuangan keluarga dimana suami istri kelola keuangan bersama. Apalagi isinya berdasarkan pengalaman penulis yang memang di bidangnya. 

Garis Besar Isi Buku Pas Butuh Pas Ada

Dalam buku Pas Butuh Pas Ada ini dijelaskan bahwa perencanaan keuangan keluarga merupakan proses merencanakan keuangan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Cara pencapaiannya bisa dalam bentuk meningkatkan pendapatan, menabung, ataupun investasi. Dijelaskan juga tahap-tahap dan tips untuk melakukannya. 

Awal dari terciptanya keluarga yang harmonis adalah adanya komunikasi yang transparan, salah satunya adalah perihal komunikasi pengelolaan keuangan. Sehingga jika komunikasi dalam sebuah keluarga sudah baik, menjadikan keluarga sejahtera, dan menjadi berkat bagi sesama. 

Buku Pas Butuh Pas Ada menggunakan pendekatan dengan filosofi Hasta Brata - 8 unsur alam untuk rumus sukses keuangan keluarga. Seperti berikut :

  • Bumi : Teladan keajekan menabung
  • Air : Menyatukan untuk mencapai tujuan
  • Bintang : Pedoman mengelola keuangan keluarga
  • Api : Tegas melawan diri
  • Langit : Saatnya berpikir luas
  • Udara : Kerelaan untuk memberi
  • Bulan : Memberikan keteduhan di kala gundah
  • Matahari : Menjadi inspirasi bagi buah hati.

Dalam buku Pas Butuh Pas Ada - Bijak Mengelola Keuangan Keluarga juga menekankan bahwa menyiapkan dana pendidikan anak haruslah segera dieksekusi dari jauh-jauh waktu. Dan menggaris bawahi kapan mulai merencanakan, menentukan pilihan sekolah, memproyeksikan biaya pendidikan, mempersiapkan dana pendidikan,dan mendorong anak berprestasi. 

 

Karena buku ini terbit saat masa pandemi COVID-19, sehingga juga tersedia bagaimana sebaiknya pengelolaan keuangan keluarga saat masa pandemi. Serta menjabarkan tujuh jurus pensiun bergaya, yang muncul dalam gagasan penulis dengan istilah "PESANTREN", singkatan dari "Pensiunan santai, tetapi sejahtera dan keren."

Juga ada pembahasan mengenai Generasi Milenial VS "Galau Keuangan", di mana menjadi generasi sandwich  yang merupakan kelompok usia produktif yang harus menanggung biaya hidup anak-anak maupun orang tuanya yang telah berusia senja. Namun tidak memiliki tabungan, harus mencari pinjaman untuk modal usaha ataupun memenuhi kebutuhan hidup, ditambah tidak melek keuangan. Kondisi ini yang penulis katakan sebagai "Galau Keuangan". 

Lalu pastinya pada buku Pas Butuh Pas Ada membahas juga tentang credit union. Di mana credit union berperan sebagai lembaga pemberdaya sekaligus menjadi gerakan berbagi sukacita. Sehingga dapat menjadi jembatan dalam mewujudkan mimpi. 

Pastinya, pada bagian akhir buku Pas Butuh Pas Ada juga terlampir jurnal anggaran serta neraca keuangan keluarga untuk merencanakan pengelolaan keuangan keluarga. Kalau jurnal anggaran sebaiknya disusun pada awal tahun. Sedangkan neraca keuangan keluarga dilakukan pada akhir periode atau akhir tahun untuk melihat kekayaan dan kewajiban keluarga.

"Kemerdekaan finansial tersedia bagi mereka yang memperlajari dan mengusahakannya." - Robert Kiyosaki.


 

Judul Buku : Pas Butuh Pas Ada - Bijak Mengelola Keuangan Keluarga

Penulis : Ditto Santoso

ISBN  : 978-623-91309-6-1

Editor : Tim Rumah Bangga

Penata Isi : @BeneRidhiantoPS

Desain Kover : @BeneRidhiantoPS

Ilustrasi : Freepik.com

Penerbit : Klikplus Asia dan Rumah Bangga

Cetakan pertama, 2020

Untuk pembelian buku Pas Butuh Pas Ada, Readers bisa menghubungi Sales Rumah Bangga via whatsapp 082110184140. Harganya Rp. 70.000. 



0 Response to "Review Buku Pas Butuh Pas Ada, Bijak Mengelola Keuangan Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel