Mengartikan Kata 'Sukses'

Sukses

Menurut sebagian orang, kata 'Sukses' diartikan sebagai suatu pencapaian yang di atas rata-rata. Seperti memiliki jabatan tinggi, atau mungkin menjadi seorang triliuner. Sedangkan saya tidak mengartikan kata 'Sukses' dengan demikian. Mengapa? Baca kelanjutannya ya.

Jika sukses hanya dilihat dari segi materi, maka adalah benar bahwa seorang triliuner merupakan seorang yang sukses. Jika suksesnya seseorang dilihat dari segi jabatan, maka benar sekali bahwa mereka yang memiliki jabatan tinggi merupakan seseorang yang telah sukses.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata 'Sukses' bermakna berhasil atau beruntung. Benar saja jika seorang triliunner dikatakan 'Sukses' jika berada dalam konteks materi, karena dia telah berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang. Sedangkan jika berada dalam konteks jabatan, maka benar seseorang yang mempunyai jabatan tinggi disebut sebagai orang yang 'Sukses'.

Kehidupan ini luas, tidak hanya menyangkut materi atau pun jabatan. Maka kata 'Sukses' mencakup juga dalam berbagai hal di dalam konteks lainnya. Seperti, seorang mahasiswa memperoleh nilai IPK tertinggi sehingga 'Sukses' menjadi seorang lulusan terbaik. Lalu, Seorang olahragawan yang telah menjuarai beberapa perlombaan maka layak dikatakan 'Sukses' menjadi seorang olahragawan.

Sedangkan menurut saya pribadi kata 'Sukses' lebih terlihat ke arah dunia dan akhirat. Iyes saya mengartikan kata sukses dengan tolak ukur apa yang telah menjadi pencapaian juga diikuti dengan mengharap Ridho Allah SWT. 

Setiap kita yang hidup pasti akan dihadapkan dengan beragam masalah yang hadir. Jika kita bisa menghadapi masalah itu dengan rasa ikhlas dan sabar yang berujung kepada menyelesaikan masalah dengan baik, maka apakah ada kata selain kata 'Sukses' untuk menggambarkan keadaan ini.
Ujian akan terus datang silih berganti. Tentukanlah arah terbaik untuk menghadapinya.
Satu hal yang perlu kita ingat. Fokus saja dengan kehidupan kita. Kita tidak berhak menjudge masalah yang dihadapi oleh orang lain. Itu bukan ruang lingkup kita toh?

Kadang tak jarang dari kita terlalu 'Sok Tahu' atas apa yang terjadi pada orang lain. Kita sombong, menilai ujian yang dihadapkan kita terlalu berat tak sebanding dengan orang lain. Padahal, kita ga tau, gimana rasanya jadi orang lain itu kan?
Kita diberikan ujian sesuai dengan kadar diri. Kita hanya perlu memahaminya, sedangkan seluruhnya Allah SWT yang mengetahui.
Dan menurut saya, kata 'Sukses' beriringan dengan kata 'Bahagia'. Ketika apa yang telah kita jalani, seberapa lama kita berjalan untuk mencapai titik akhir, dan bersama siapa kita menjalani proses itu. Jika kita bahagia selama menjalaninya walaupun hasil akhir bukanlah menjadi takaran 'Sukses'-nya orang lain, di saat itulah kata 'Sukses' berperan dalam prosesnya. Iya sukses melewati proses panjang dengan bahagia.

Dan di sini tentunya rasa 'Bersyukur' yang paling utama untuk adanya rasa bahagia. Kalau kita sudah beryukur lantas pasti rasa bahagia akan muncul.

Well, seperti itulah gambaran sukses menurut saya pribadi. Balik lagi, bagaimana pengertian dari kata 'Sukses' itu dilihat dari siapa yang mengartikannya dan bagaimana pandangannya serta dalam konteks apa.  Kalau menurut kalian arti kata 'Sukses' itu apa sih? Jawab di kolom komentar bawah ya :)

Well, tulisan kali ini akan saya akhiri dengan kalimat dari Wirda Mansur dalam bukunya yang berjudul Be Calm BeStrong Be Grateful :
Keep Calm and Just Do Your Best
Don't Let Negative Vibes Control Your Mind
  

8 Responses to "Mengartikan Kata 'Sukses'"

  1. Keren! Sukses itu bisa menikmati hidup, bahagia dan diridhoi Alloh. Simpel. Salam kenal teteh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.. Terimakasih sudah berkunjung.. salam kenal juga :)

      Delete
  2. Kalau kita bisa pasang standar bahagia sesuai keadaan insyaallah gampang bersyukur 😄 cuma kadang suka kepincut standar ala society yg bilang sukses itu punya kendaraan, gelar abc, sering travel.. Malah bikin murung kayak ngerasa gagal 😫

    selalu berusaha jadi lebih baik n ngejer akhirat, ntar urusan dunia dilancarkan juga, amin 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener Fii. Godaannya disitu.. huhu..
      Aamiin.. Semoga kita senantiasa ingat akhirat yaa Fii :)

      Delete
  3. Sukses itu menurut saya, apa yang saya usahakan sendiri nggak minta tolong orang lain, walaupun btuh perjuangan berdarah2 :D

    ReplyDelete
  4. sukses menurut saya apa yang diinginkan tercapai, seperti kesehatan dan sebagainya... tidak harus pencapain yang tinggi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah setuju nih.. Makasi sudah berkunjung.. salam kenal :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel