Masa Pengangguran


Assalamu’alaikum teman-teman semua..

Kalian pernah ga sih ngerasain yang namanya masa di mana kalian tidak sedang bekerja dan berkuliah atau sebut saja masa pengangguran?

Kali ini Mardhiyah ingin sedikit sharing tentang masa-masa pengagguran yang sedang Mardhiyah alami..

Entah Mardhiyah harus mulai menulis dari mana, tapi yang jelas masa pengangguran sering Mardhiyah alami, dan termasuk pindah dari tempat kerja yang satu ke- yang lainnya.. mengenai beberapa kali pindah tempat kerja mungkin ada beberapa dari kalian yang akan beranggapan bahwa Mardhiyah itu orangnya bosenanlah, ga betahan lah, terlalu menggampangkan pekerjaanlah, dll.. Tapi menurut Mardhiyah itu anggapan yang wajar..

Gimana ga wajar, orang tua Mardhiyah sendiri aja sampai heran ngeliat Mardhiyah yang keluar masuk perusahaan.. ada aja gitu omongan orang tua mah terutama sang Ibu.. nih ya Mardhiyah sebutin beberapa : “Setiap mau lebaran pasti nganggur”, “jelajahin aja semua pabrik di Tangerang”, “kayaknya semua pabrik di Tangerang udah di datengin”. Tapi walaupun gimana juga semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik buat anaknya..

Engga Cuma orang tua yang ngomong begitu, ada juga HRD di perusahaan yang sebelumnya bilang begini waktu melihat CV Mardhiyah : “kau ini pindah-pindah kerja terus pula” . tapi alhamdulillah nya Mardhiyah di terima waktu itu.. hehe..

Jadi begini teman-teman, setiap orang pasti mempunyai prinsip di dalam hidupnya begitupun dengan Mardhiyah dalam memandang sebuah pekerjaan, Mardhiyah pun mempunyai prinsip di dalam sebuah pekerjaan yang sedang Mardhiyah jalankan ataupun pekerjaan yang nantinya akan menjadi tugas dan tanggung jawab Mardhiyah.

Kita balik lagi ke topik pembicaraan kita mengenai perasaan orang yang sedang menganggur.. Engga semua orang menganggur sih ngerasain apa yang Mardhiyah rasain, karena setiap orang kan memiliki perasaan dan pandangan hidup yang berbeda-beda..

Mardhiyah merasa semenjak menganggur perasaan Mardhiyah lebih sensitif entah kenapa yah.. 

Mardhiyah merasa ga enak dan bersalah sama orang tua karena tidak bekerja dan malah merepotkan orang tua..

Mardhiyah merasa dipandang sebelah mata karena menganggur..

Mardhiyah merasa sebagian teman Mardhiyah semakin jarang ngajak main, mungkin karena ga enak kali yah mau ngajak main juga kalau ga ngebayarin, soalnya kan Mardhiyah lagi nganggur.. Padahal mah Mardhiyah ga minta untuk ditraktir kok.. padahal mah klo di traktir ga nolak.. hehe..

Entah kenapa semakin Mardhiyah memikirkan ingin cepat mendapat pekerjaan malah semakin membuat Mardhiyah pusing dan sensitif..

Pokoknya Mardhiyah merasa kesepian gitu, udah mah  nganggur yah jomblo pula.. haha ngenes banget..

Eitss tapi Mardhiyah punya beberapa trik nih buat mengobati rasa-rasa di atas.. ini dia triknya : 

  • Kalau Mardhiyah merasa bosan, kesepian, sensitif, atau apalah itu namanya.. Mardhiyah nyoba menghibur diri dengan melaksanakan hobby Mardhiyah, mulai dari menulis, menyanyi, mengedit video, membaca artikel, mendengarkan musik, dll..

  • Kalau Mardhiyah sedang mencari pekerjaan engga terlalu dibawa serius, itu justru malah membuat Mardhiyah merasa susah.. anggap saja Mardhiyah sedang berjalan-jalan (Kalau sedang melamar kerja langsung ke TKP), atau sedang bermain internet (kalau melamar kerja via email). Intinya mah jemput pekerjaan itu dengan hati yang senang dan positif..

  • Kalau Mardhiyah sedang butuh inspirasi, biasanya Mardhiyah buka-buka instagram, youtube, atau membaca kembali buku yang ada di rumah..

  • Kalau Mardhiyah merasa bersalah dan ga enak sama orang tua, Mardhiyah mulai deh keluar rajinnya.. hoho.. 

Nah teman-teman.. intinya dari semua yang ada di atas, isi waktu menganggur dengan sebaik-baiknya, manfaatkan waktu itu untuk membantu orang tua dalam pekerjaan rumah, menambah ilmu dan mengasah hobby.. atau teman-teman ada masukan lainnya? (komentarnya di bawah yaaa.. hehe) yang terutama lebih dekatkan diri kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.. Mungkin kita belum mendapatkan pekerjaan karena dosa-dosa kita di waktu terdahulu.. Mardhiyah juga masih belum terlalu dekat dengan Tuhan dan masih proses..

Atau mungkin Tuhan memiliki kehendak lain yang lebih baik untuk diri kita, percayalah takdir Tuhan yang terbaik..

Pokoknya pesan dari Mardhiyah untuk teman-teman semua yang senasib sama Mardhiyah tetap optimis dalam mencari pekerjaan, perbanyak berdo’a, bersedekah, dan tetap perbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi..

Siapa tau nih yaaa.. kerjaan sih ga dapet tapi malah dapetnya jodoh.. eeeeh.. hehe.. piss.. Tapi aamiin aja udah.. 

Bukan kah hidup, rezeki, dan jodoh sudah dijamin oleh Allah?

Keep fighting, keep smiling... *smile*

Terimakasih teman-teman semua sudah mau membaca tulisan Mardhiyah kali ini, semoga bermanfaat yah.. aamiin..

Jangan lupa kritik dan sarannya di kolom komentar *smile*



Rodhiyatum Mardhiyah

1 Response to "Masa Pengangguran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel