-->

Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak di BSD

Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak di BSD - Beberapa bulan ini Tangerang dan sekitarnya terutama kawasan BSD diramaikan oleh kehadiran kendaraan tanpa awak. "Kok bisa ya ada mobil yang jalan dan berhenti sendiri?" "Gimana caranya ada mobil yang bisa berkemudi tanpa sopir?" dan berbagai pendapat lainnya yang terlontar dari netizen.

Setiap lewat kawasan BSD City selalu terhipnotis oleh suasananya yang bikin nyaman banget. Bagaimana tidak? Kawasan yang dikelola oleh Sinar Mas Land ini tampak begitu asri dengan tanaman yang terawat di setiap pinggir jalan, juga dengan lalu lintasnya yang tidak padat sehingga tidak ada kemacetan, sangat teratur! 

Salah satu impian aku yakni mempunyai hunian di Kawasan BSD! Lingkungannya asri, tidak ada kemacetan, dan struktur kotanya yang dibangun dengan begitu canggih. Apalagi fasilitas yang ada di kawasan BSD juga lengkap! 

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City


Readers, BSD City merupakan salah satu bukti bahwa Sinar Mas Land semakin menegaskan komitmen untuk terus berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai inovasi untuk mengembangkan kota pintar berenergi hijau yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan termasuk pengoperasian kendaraan tanpa awak, First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City.  

Bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City! Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, didukung pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc, yang telah berhasil melakukan uji coba tahap pertama Navya Autonom Shuttle di QBig BSD City pada Mei hingga Juli lalu. Selanjutnya uji coba dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang.

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City


Nah, kehadiran teknologi ini sejalan dengan visi hijau kawasan GOP yang telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Selain itu, seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green  building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Canggih ya!

Upaya ini mendapat perhatian dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi karena dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air. 
“Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan fitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transformasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan kegiatan teknologi digital.” - Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap

Mengenai Kendaraan Listrik Otonom, Bus Tanpa Awak Pertama di Indonesia


Readers, Navya Autonom® Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik ini memiliki kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri. 

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City


Navya Autonom® Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. 

Yang membuat kendaraan ini bisa tanpa awak karena transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis. 

Jadwal dan Cara Naik Autonomous Vehicle 


Pada tahap kedua, Autonomous Vehicle (AV) tetap beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. 

Masyarakat umum dapat mencoba kendaraan listrik otonom ini secara gratis tanpa dikenakan biaya tambahan apapun!

Bus Otomatis Pertama di Indonesia Ada di The Breeze BSD City

Calon penumpang perlu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di aplikasi Apple App Store maupun Google Playstore. Bagi masyarakat yang membawa anak-anak bisa mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan ketentuan memiliki tinggi badan anak minimal 120 cm dan didampingi oleh orang tua. 

Jadi penasaran ya, ingin nyobain naik Autonomous Vehicle (AV). Bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City!

0 Response to "Sinar Mas Land Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak di BSD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel