-->

Peran Internet dalam Perjalanan Ngonten

Peran Internet dalam Perjalanan Ngonten - Cita-citaku sewaktu sekolah adalah menjadi seorang ahli matematika karena diri yang sangat mencintai pelajaran yang mengandalkan logika. Tiap kali usai belajar matematika, aku selalu nyoret-nyoret papan tulis di rumah dengan berbagai rumus yang telah diajarkan, dan mencobanya dengan berbagai rumus yang berbeda. Pokoknya senang banget kalau sudah ketemu sama rumus matematika!

Namun seiring berjalannya waktu, saat lulus SMK, keinginanku untuk menjadi seorang ahli matematika sudah aku kesampingkan. Aku kira passionku adalah menjadi seorang wanita karir yang bekerja kantoran dengan gaji bulanan, bonus, serta tunjangan. 

Seiring perjalanan karirku, aku selalu bertanya dalam diri, "Sebenarnya, apa sih yang mau kamu tuju dalam setiap pekerjaan?" Pertanyaan itu terlontar atas dasar diri ini yang suka pindah-pindah tempat kerja dengan alasan kurang bisa mengembangkan diri dan tidak nyaman dengan situasi tempat kerja. Mulai dari bekerja sebagai seorang administrasi planning, call center, hingga operator produksi yang memegang mesin. 

Hingga aku ada pada tahap hidup yang disebut pengangguran. Yaaa.. Aku benar-benar tidak bekerja dan tidak mempunyai penghasilan, padahal saat itu usiaku sudah 25 tahun. Mungkin saat itu aku sedang berada di fase Quarter Life Crisis, saat itu aku tahu aku punya kemampuan tetapi tidak aku kembangkan karena bingung dari mana memulainya. 

Hidup ini dinamis, berubah mengikuti keadaan. Kita harus bergerak mengikuti perubahan itu. 

Mulai Ngonten Hingga Cuan 

Beruntung banget saat itu di rumah tersedia Internet Provider sehingga aku bisa berseluncur internetan tanpa batas. Aku mulai ngulik-ngulik mempelajari sosial media hingga menulis blog. Dari yang tadinya gak percaya sama kemampuan diri, hingga yakin bahwa diri mampu menghasilkan cuan melalui sebuah karya tulis. 

Internet yang lancar menjadi mood booster tersendiri buat aku ketika fokus mempelajari hal baru dan mulai membuat konten. Gak ketinggalan, untuk memotivasi diri aku suka membaca tulisan dari para Blogger yang sudah dulu memulai dan kini sudah sukses, yakni Raditya Dika dan Alitt Susanto. 

Harus ku akui bahwa peran internet sangat berpengaruh dalam kehidupanku saat ini. Bersyukur banget sekarang sudah bisa menghasilkan cuan dari internet. Yakni dari kerja sama dengan brand atau pun menulis pada website yang membutuhkan penulis artikel. 

Terhitung, sudah 5 tahun aku menikmati dunia tulis menulis di internet dan juga hasilnya. Dunia manapun itu pasti ada naik turunnya, begitu pun yang aku rasakan saat mencari cuan lewat tulisan di internet. Tapi selama kita yakin dan mau usaha serta melek situasi, pasti ada aja jalannya ya Readers.  

Internet, Mempertemukan Kami Melalui Live Streaming

Internet tidak hanya soal belajar atau pun berkarya, tetapi juga sebagai ajang untuk bersilaturahmi. Tak bisa lepas dari peran utamanya yakni sebagai media untuk bersosialisasi, media sosial kini semakin lebar manfaatnya. Kini banyak sekali aplikasi yang menyediakan live streaming, di mana kita bisa berinteraksi secara real time dengan berbagai macam orang di berbagai daerah bahkan negara. 

Selama tiga tahun ini aku juga menekuni dunia live streaming, mulai dari live audio streaming dan live video streaming. Meskipun tidak intens, tetapi aku masih sesekali melakukan live streaming. Bahkan aku juga sempat cuan dari live streaming.

Dari live streaming, aku paham makna dari kalimat "Apa yang kita cari, itu yang akan kita temukan". Selama live streaming, aku bertemu dengan orang-orang yang memberikan dampak positif di hidup aku. Meskipun online, tapi aku bisa rasakan pertemanan yang baik.

Contohnya aku dipertemukan dengan orang-orang yang senantiasa memberikan insight untuk melebarkan karya di dunia internet. Dari live streaming aku diperkenalkan dengan teman yang mengajarkan aku mengenai dunia short video dan make up, dari live streaming juga aku disarankan oleh teman online untuk membuat Channel Youtube yang akhirnya aku buat dengan nama Teman Onlinemuu


Tak sampai situ, aku juga jadi kecanduan bikin konten audio seperti podcast. Gak nyangka dari konten podcast yang aku upload di Youtube dan di beberapa aplikasi audio, ada salah satu teman online yang mengajak kolaborasi untuk mengisi konten horror di akun spotify miliknya. Berikut salah satu konten horror yang kisahnya juga berasal dari salah satu teman online : 




Merasa beruntung dengan hadirnya Telkom Indonesia yang membuat aktivitas online menjadi lancar. Sehingga aku bisa terus belajar, berkarya dan bersilaturahmi. Apalagi kini IndiHome menyediakan berbagai paket internet yang bisa Readers sesuaikan dengan kebutuhan setiap harinya. 

Berkonten Ria Bersama IndiHome

Salah satu cara aku dalam mengasah kemampuan sekaligus menambah wawasan perihal konten adalah dengan cara mengikuti lomba. Dari sana aku bisa melatih kemampuanku sekaligus melihat-lihat konten peserta lain untuk dijadikan rekomendasi dalam berkonten.

Seperti saat ini IndiHome yang merupakan Internetnya Indonesia mengadakan Content Creation Competition dengan tema Berkonten Ria Bersama IndiHome

0 Response to "Peran Internet dalam Perjalanan Ngonten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel