-->

Kenali Karakteristik Pasangan Mata Uang EURUSD ini

Kenali Karakteristik Pasangan Mata Uang EURUSD ini - Seperti apa karakteristik mata uang EURUSD? Readers bisa mengetahuinya dalam artikel ini. Sebelum memulai trading, trader pemula sangat disarankan untuk mengenali pasangan mata uang yang ditransaksikan. Saat ini banyak trader pemula yang melirik pasangan euro atau dolar Amerika. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas karakteristik mata uang EURUSD, seperti apa karakteristiknya? Simak yuk!

Karakteristik Pasangan Mata Uang EURUSD

Base and Quote Currency 

Pada pasangan EURUSD, EUR disebut dengan base currency dan USD disebut dengan quote currency. Artinya pasangan yang satu ini akan menunjukkan berapa USD yang diperlukan dalam membeli 1 EUR. Jika Readers melihat harga EURUSD di chart 1.18768 berarti diperlukan 1.8768 USD untuk bisa membeli 1 EUR. Kata lainnya 1 EUR sama dengan 1.8768 USD. 

Nah, jika harga EUR menguat terhadap USD atau USD melemah terhadap EUR, harga pasangan EURUSD di chart bisa naik. Sementara itu ketika harga EUR melemah terhadap USD atau sebaliknya USD menguat terhadap EUR maka harga pasangan bisa kembali turun.  

Faktor Penggerak Harga 

Karakteristik mata uang EURUSD sangat volatile dan bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor fundamental. Salah satunya adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh masing-masing bank sentral yaitu ECB atau European Central Bank di Eropa dan The Fed di Amerika Serikat. Berita dari ECB atau The Fed dan The Fed di Amerika Serikat. Berita dari ECB dan The Fed begitu penting diikuti karena memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan harga EURUSD. 

Tidak hanya itu saja, ada faktor lainnya yang mempengaruhi pergerakan harga EURUSD misalnya suku bunga, tingkat pengangguran, NFP, neraca perdagangan, penjualan ritel, gross domestik produk atau GDP dan masih banyak lagi lainnya. 

Yang penting diingat adalah EUR adalah mata uang negara Uni Eropa. Readers perlu mengupdate berita negara utama penggerak perekonomian Eropa misalnya Jerman dan Perancis. Oleh sebab itu terus ikuti berita fundamental dan update terbaru tentang EURUSD. 

Range Harian dan Waktu Trading 

Rata-rata range harga harian atau selisih antara harga tertinggi dan terendah EURUSD dalam satu hari 75-150 pips. Sementara itu, waktu trading paling ramai di saat overlap sesi Eropa dan sesi Amerika yaitu pukul 20.00 – 23.00 WIB di bulan November hingga Februari. Waktu trading juga ramai pada bulan Maret hingga Oktober pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. 

Volume Transaksi 

Amerika Serikat dan Eropa merupakan dua roda ekonomi paling besar yang ada di dunia. Hal itu membuat kedua mata uang memiliki volume transaksi paling tinggi. USD memimpin di 87,6% kemudian disusul EUR di 31,4%.

Jika Readers ingin trading  dengan aman dan nyaman Readers bisa trading di DCFX. Perusahaan trading di Indonesia yang satu ini resmi dan sudah memiliki izin resmi Bappebti. Dengan trading di DCFX Readers bisa mendapatkan banyak keuntungan yang tidak bisa Readers dapatkan di tempat trading lainnya seperti biaya komisi rendah dan sebagainya. Eits tidak hanya itu saja, DCFX juga memiliki membership program dengan reward hadiah bergengsi yang sangat sayang untuk Readers lewatkan. Semoga informasi tentang karakteristik mata uang EURUSD ini bermanfaat ya, yuk gabung bersama DCFX sekarang juga!

1 Response to "Kenali Karakteristik Pasangan Mata Uang EURUSD ini"

  1. Soal uang begini memang rumitnya, hemm cuma tahu dollar sama rupiah itu aja karena sering transaksi sama platform. Kalau ini baru denger, apalagi EURUSD, terima kasih sharingnya.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel