-->

Resep Roti Maryam Bisa Dibuat Di Rumah dengan Teplon

Resep Roti Maryam Bisa Dibuat Di Rumah dengan Teplon - Halo Readers, suka menikmati roti maryam? Kalau iya pas banget nih, karena artikel kali ini akan membahas mengenai Resep Roti Maryam atau biasa juga dikenal dengan sebutan roti canai yang merupakan roti yang berbentuk pipih, sebuah roti khas dari India. Roti ini selain bisa Readers temui di India, juga banyak dijual di Singapura dan juga Malaysia, dan di Indonesia juga bisa Readers temui di warung makan keturunan india atau restoran khas India dan timur tengah.

Roti ini meski terlihat biasa saja namun roti ini memiliki rasa yang nikmat, manis, dan juga gurih yang berasal dari margarin, sedangkan rasa manis biasanya berasal dari taburan kental manis maupun meses yang ditaruhkan pada bagian atasnya. Namun Readers juga bisa membuat roti Maryam dengan berbagai rasa, atau mengonsumsi roti Maryam layaknya roti pasangan kari khas India.

Resep Roti Maryam Bisa Dibuat Di Rumah dengan Teplon
Sumber Foto : https://www.yummy.co.id/blog/resep-komunitas/roti-maryam-lembut-berlapis
 

Untuk menikmati roti India ini maka Readers tidak perlu repot-repot ke India ataupun ke Singapura, Malaysia, ataupun mencari rumah makan khas timur tengah. Sebab Readers bisa membuat roti yang satu ini di rumah saja dengan bahannya yang sangat mudah, simpel, dan juga cara membuatnya yang gampang. Readers tidak memerlukan oven atau alat pembakaran roti Maryam lainnya, hanya menggunakan teplon saja maka Readers sudah bisa membuat roti Maryam.

Adapun resep roti Maryam yang bisa menjadi acuan Readers dalam membuat roti Maryam akan dijelaskan berikut ini, simak dan pelajari dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan proses pembuatan ya Readers.

Bahan yang Perlu Dipersiapkan:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 75 gram margarin (merek apapun)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 75 ml air
  • 75 gram mentega tawar sebagai bahan olesan isi
  • 50 ml minyak goreng untuk olesan


Cara Membuat Roti Masyam

  • Langkah pertama yakni campurkan terlebih dahulu tepung terigu dengan garam, telur, minyak, margarin, serta secukupnya air, jangan menuangkan air yang terlalu banyak sekaligus tetapi tuangkan secara perlahan sedikit demi sedikit agar air tidak benyek.
  • Uleni hingga adonan kalisdan jangan lupa banting-banting adonan agar angina di dalam adonan keluar, setelah itu bagi adonan masing-masing seberat 50 gram.
  • Setelah itu diamkan selama satu jam dalam keadaan tertutupi plastik
  • Setelah didiamkan maka lebarkan adonan di atas meja yang sebelumnya telah diolesi minyak, lebarkan adonan hingga tipis kemudian olesi dengan mentega dengan tidak beraturan. Setelah itu gulung kecil, dan bentuk secara melingkar atau menjadi bulatan panjang.
  • Pasang di atas teplon anti lengket yang telah diberi sedikit mentega tawar, setelah itu tekan-tekan adonan tersebut menggunakan mentega hingga agak pipih dan masak hingga matang dan berwarna sedikit kecoklatan.


Demikian resep roti Maryam yang bisa Readers buat sendiri di rumah dengan bahan yang sangat mudah dijumpai di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

5 Responses to "Resep Roti Maryam Bisa Dibuat Di Rumah dengan Teplon"

  1. Hemm suka banget sama roti yang gurih dan manis ini apalagi pas masih hangat, pengganjal perut yang mantap bisa kenyang kalau habis lima kayaknya, hehe.

    BalasHapus
  2. Dari kemarin pengin banget roti ini beli satu eh malah nagih, beli banyak dibawa pulang eh gak puas karena dihabisin yang lain. Alhasil nyoba buat sendiri dengan segala asumsi berhasil dan lebih enak :)

    BalasHapus
  3. Ah jadi pengin buat sendiri biar lebih puas, terima kasih info resepnya, Mbak. Patut dicoba, nih.

    BalasHapus
  4. Ini nih dari kemarin kepengin banget banyak yang bilang enak dan segala promosinya, tapi bingung beli di mana yang enak dan cocok sama lidah. Kayaknya mending buat sendiri, terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  5. Aku terakhir makan ini saat SMP, kalau ingat dulu jajanan favorit yang hampir tiap hari dibeli. Sekarang mau beli bingung kadang gak cocok sama lidah, kayaknya perlu nyoba buat sendiri dengan resep ini.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel